Gerindra: Belum Ada Kader Dipasangkan Dengan Richard Louhenapessy | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gerindra: Belum Ada Kader Dipasangkan Dengan Richard Louhenapessy


BERITA MALUKU. Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Phil Latumeirissa menyatakan, belum ada kader partai politik (Parpol) ini yang dipasangkan dengan petahana Wali Kota Ambon periode 2011 - 2016 untuk mengikuti Pilkada serentak kelompok kedua pada 15 Februari 2017.

"Saya jujur menyatakan bahwa dua kader yakni Lutfy Sanaky dan Irman Betaubun telah mendaftar sebagai bakal calon (Balon) Wakil Wali Kota. Namun, belum ada rekomendasi untuk berpasangan dengan Richard yang juga telah mendaftar sebagai Balon Wali Kota," katanya, di Ambon, Jumat (18/3/2016).

Pertimbangannya, rekomendasi merupakan kewenangan DPP Partai Gerindra, setelah mendapatkan laporan dari sejumlah tahapan yang harus dilalui Balon oleh DPC melalui DPD Partai Gerindra Maluku.

Apalagi, tim pendaftaran dan penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil setelah pendaftaran, selanjutnya melakukan verifikasi maupun melengkapi berkas pada 17 - 19 Maret 2016.

Tahapan ini setelah penutupan pendaftaran pada Rabu(16/3) petang, pukul 17.00 WIT, menyusul dibuka 10 Maret 2016.

"Tahapan selanjutnya adalah survei internal serta uji kepatutan dan kelayakan sehingga siapa pun, baik kader maupun non kader partai Gerindra silahkan berproses untuk mendapatkan rekomendasi," ujar Phil.

Partai Gerindra, lanjutnya, tetap kepada mekanisme yang sudah diatur dalam proses pemilihan dan penetapan Balon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota.

"Jadi tidak ada perlakuan khusus bagi kader maupun non kader karena hasil survei nantinya yang menentukan elektabilitas Balon mana yang lebih tinggi barulah diusulkan untuk diberikan rekomendasi pencalonan oleh DPP Partai Gerindra," tandas Phil.

Sebelumnya, Ketua Tim Pendaftaran dan Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Jhon Egbert Maitimu, mengatakan, tiga Balon Wali Kota yang mendaftar adalah Brury Nanulaitta, Richard Louhenapessy dan Paulus Kastanya.

Sedangkan, Balon Wakil Wali Kota yakni Sam Latuconsina, Lutfy Sanaky, Irma Betaubun dan Saleh Watiheluw.

Partai Gerindra menempatkan empat kadernya di DPRD Kota Ambon sehingga untuk koalisi dalam mendukung pasangan Balon Wali Kota - Wakil perlu tambahan tiga orang dari Parpol lain.

Partai Gerindra bersama Partai Golkar, PPP, Partai Bintang Reformasi dan Partai Damai Sejahtera mengusung pasangan Richard Louhenapessy - Sam Latuconsina disapa PAPARISA yang berhasil memenangkan Pilkada Kota Ambon pada 2012.

Richard yang adalah Wali Kota Ambon itu, belum memutuskan pasangan Wakilnya karena beralasan masih menunggu hasil survei dengan masa jabatan berakhir pada 4 Agustus 2016.

Sedangkan, Sam yang Wawali Ambon saat ini intensif membangun komunikasi politik dengan Paulus Kastanya.

Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Kota Ambon pada 2011 adalah Hesina Huliselan - Machfud Waliulu (SELALU), Daniel Palapia - La Suryadi (DAYA), Ferry Wattimury - Awat Tenate (WATEe) dan Paulus Kastanya - La Hamsidi (KASIH).

Pilkada Maluku 3796143527364661238

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang