Empat Bakal Calon Wali Kota Ambon Mendaftar di Gerindra | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Empat Bakal Calon Wali Kota Ambon Mendaftar di Gerindra

BERITA MALUKU. Empat bakal calon Wali Kota Ambon telah mendaftar di DPC Partai Gerindra setempat setelah dibuka pendaftaran pada 23 Februari hingga 8 Maret 2016.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC Partai Gerindra Ambon, Jhon Maitimu yang dikonfirmasi, Selasa (8/3/2016), mengatakan, empat bakal calon tersebut, yakni petahana Richard Louhenapessy, Kadis Sosial Maluku Paulus Kastanya, Kadis PU Kota Ambon Brury Nanulaitta dan pengusaha Felix Christanto.

Sedangkan bakal calon wakil wali kota, yakni petahana Sam Latuconsina, anggota DPRD Maluku Lutfy Sanaky, Irma Betaubun, Saleh Wattiheluw, Zahruddin Latuconsina dan Syaiful Ali Almahasty.

Jhon mengemukakan, para bakal calon selanjutnya harus mengembalikan berkas formulir pendaftaran pada 10-16 Maret 2016. Sedangkan perbaikan berkas dijadwalkan pada 17-19 Maret 2016.

"Jadi tim pendaftaran nantinya melakukan verifikasi administrasi sesuai petunjuk teknis (juknis), selanjutnya melaporkan ke DPC Partai Gerindra Kota Ambon saat rapat pleno," ujarnya.

Para bakal calon wali kota maupun wakil wali kota juga diwajibkan mengikuti tes kepatutan dan kelayakan, baik DPC Partai Gerindra Kota Ambon maupun DPD Partai Gerindra Maluku sebelum dilaporkan ke DPP untuk memutuskan rekomendasi.

Disinggung soal rekomendasi, dia menjelaskan, hal itu kewenangan DPP Partai Gerindra dengan mengacu kepada aspirasi masyarakat berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara objektif, metodologis, uji kepatutan dan kelayakan serta administrasi yang disyaratkan.

"Terpenting bakal calon berproses sesuai ketentuan Partai Gerindra maupun undang-undang (UU) dan keputusan KPU/Panwaslu," tandas Jhon.

Partai Gerindra menempatkan empat kadernya di DPRD Kota Ambon sehingga untuk koalisi dalam mendukung pasangan bakal calon wali kota-wakil wali kota perlu tambahan tiga orang dari parpol lain.

Partai Gerindra bersama Partai Golkar, PPP, Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Damai Sejahtera (PDS) mengusung pasangan Rcihard Louhenapessy-MAS Latuconsina disapa PAPARISA yang berhasil memenangkan pilkada Kota Ambon pada 2012.

Richard belum memutuskan pasangan wakil wali kota karena beralasan masih menunggu hasil survei dengan masa jabatan berakhir pada 4 Agustus 2016.

Sedangkan, Sam yang juga wakil wali kota Ambon saat ini intensif membangun komunikasi politik dengan Pauluas Kastanya.

Pasangan lainnya yang mengikuti pilkada Kota Ambon pada 2012 adalah Hesina Huliselan-Machfud Waliulu (SELALU), Daniel Palapia-La Suryadi (DAYA), Ferry Wattimury-Awat Tenate (Wate) dan Paulus Kastanya-La Hamsidi (KASIH).
Pilkada Maluku 4939773904533756022
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks