Tiga Daerah Perbatasan di Maluku Dapat Bantuan 70 Tenaga Dokter | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Daerah Perbatasan di Maluku Dapat Bantuan 70 Tenaga Dokter

BERITA MALUKU. Tahun 2016 ini, ada sebanyak tiga daerah perbatasan, yakni Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepualaun Aru mendapatkan bantuan tenaga Dokter, sebanyak 70  orang.

“70 tenaga dokter merupakan bantuan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), dan sudah disebarkan di tiga kabupaten tersebut,” ujar Kepala Bidangpelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Maluku, Yoke Rahail, Minggu (14/2/2016).

Dikatakan, bantuan 70 tenaga dokter ini merupakan salah satu langkah strategis dari Kemenkes dalam mengatasi kekurangan tenaga dokter di tiga daerah perbatasan tersebut. Dimana tiga daerah tersebut juga termasuk dalam program Nusantara Sehat, yang merupakan salah satu upaya strategis untuk mengurangi dan memenuhi tenaga kesehatan yang ada di tiga daerah terpecil.

Tidak hanya itu, dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Kemenkes juga menyediakan program dalam rangka melanjutkan studi dalam meningkatkan kualitas SDM bagi tenaga dokter dan program pendidikan spesialis dengan dibiyai langsung oleh Kementrian Kesehatan.

“Untuk Maluku, ada 100 tenaga yang saat ini sedang mengikuti pendidikan. Dan sampai saat ini sudah ada 16 dokter spesialis yang sudah kembali dan sudah tersebar di beberapa Rumah Sakit (RS) di Provinsi mapun beberapa kabupaten/kota,” ucapnya. 

Selain beberapa program strategis Kemenkes tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku juga mempunyai program dengan sasaran pelayanan kesehatan berbasis gugus pulau untuk mengatasi keterpencilan.

Menurut Rahail, program dan sasaran tersebut diantaranya, upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, upaya untuk memperkuat jaringan kesehatan termasuk upaya rujukan dan manajemen pelayanan kesehatan, peningkatkan kemampuan dan mutu pelayanan kesehatan serta upaya untuk meningkatkan kemampuan dan peran masyarakat.

“Keempat upaya strategis tersebut diharapkan dapat mengantisipasi keterpencilan terutama masyarakat yang tinggal di pulau-pulau,” pungkasnya.
Kesehatan 230065591358330110

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang