Benteng Victoria Diserahkan Pengelolaan ke Pemkot Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Benteng Victoria Diserahkan Pengelolaan ke Pemkot Ambon

BERITA MALUKU. Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan cagar budaya Benteng Nieuw Victoria akan diserahkan kembali pengelolaan dan pengembangannya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Pertemuan yang dilakukan Pemkot Ambon bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, telah disepakati akan dilakukan kerja sama pengembangan benteng Victoria. Prinsipnya Pangdam telah memberikan itikad baik untuk menyerahkan kembali objek sejarah di kota Ambon," katanya di Ambon, Rabu (3/2/2016).

Menurut dia, penyerahan benteng victoria kepada pemkot Ambon dengan beberapa pertimbangan yakni objek sejarah tersebut tidak boleh dikomersialkan, tetapi menjadi bagian sejarah kota Ambon.

"Luas lahan di kawasan benteng Victoria kurang lebih enam hektare. Hal tersebut jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa manfaat yang besar bagi pengembangan pariwisata kota Ambon," katanya.

Richard mengatakan pertemuan yang dilakukan bersama pangdam XVI Pattimura bersama DPRD kota Ambon dan SKPD terkait, guna pengembangan pariwisata kota Ambon.

Penyerahan aset sejarah tersebut, katanya, dalam bentuk tukar guling lahan. Kodam menyerahkan benteng Victoria selanjutnya Pemkot Ambon akan menyiapkan lahan kepada TNI AD dan proses pembangunan akan dilakukan pemerintah pusat.

"Sistem yang digunakan yakni tukar guling. Pemkot menyiapkan lahan kepada TNI dan lokasinya tidak di dalam wilayah kota Ambon, tetapi direncanakan di wilayah Maluku Tengah dengan standar yang ditetapkan TNI," tandasnya.

Ia mengakui, pihaknya juga telah membentuk tim penyerahan aset sejarah yang diketuai oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Anthony Gustaf Latuheru bersama Ketua DPRD kota Ambon James Maatita.

Tim ini diketuai Sekkot Ambon, dan wakilnya Ketua DPRD kota, selain itu juga akan bentuk tim asistensi dari tim sejarah yang dipimpin oleh pakar sejarah Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

"Tim tersebut ke depan akan dirumuskan pentingnya keberadaan benteng victoria bagi pengembangan pariwisata kota Ambon ke depan," kata Wali kota Richard.

Benteng Nieuw Victoria awalnya dibangun oleh orang-orang Portugis pada 1575 dan diberi nama Nossa Senhora Annucida, namun kemudian direbut oleh Belanda pada 1605 dan berganti nama dengan Victoria yang berarti kemenangan.

Sekitar tahun 1754 gempa besar mengguncang Kota Ambon, benteng yang dijadikan pusat pemerintahan kolonial Belanda di Maluku itu mengalami kerusakan parah, setelah direnovasi benteng itu berganti nama dengan Nieuw Victoria yang artinya kemenangan baru.
Ambon 3973019022812758622

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang