Ratusan Penumpang Kapal PELNI Asal Ambon Tujuan Nabire Mengeluh | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ratusan Penumpang Kapal PELNI Asal Ambon Tujuan Nabire Mengeluh

BERITA MALUKU. Ratusan penumpang kapal PT. Pelni tujuan Nabire, Papua Barat, mengeluh akibat armada badan usaha milik negara (BUMN) dalam pelayarannya tidak menyinggahi pelabuhan Nabire.

"Kami sudah tahu persoalan ini dan memberikan informasi ke PT.Pelni Pusat mudah-mudahan ada perubahan jadwal pelayaran kapal ," kata Kepala Operasi PT.Pelni Cabang Ambon, Samto di Ambon, Selasa (29/12/2015).

Setiap hari, lanjutnya, para penumpang tujuan Nabire ini mendatangi Kantor PT. Pelni Cabang Ambon guna mengecek keberangkatan kapal ke daerah mereka.

Dia mengatakan, biasanya penumpang dengan tujuan Nabire selalu terangkut dari Ambon dengan mempergunakan kapal PT. Pelni yakni KM. Ngapulu yang menyinggahi Nabire, sedangkan sekarang tidak lagi.

"Kapal PT. Pelni yang sekarang melalui jalur pelabuhan Ambon menuju Jayapura yakni KM.Dobonsolo. Hanya saja tidak menyinggahi lagi Nabire, rutenya dari Ambon - Serui- Jayapura," ujar Samto.

Makanya, para penumpang selalu bertanya-tanya tentang kapal PT. Pelni tujuan Nabire. Itu masalahnya sehingga penumpang menumpuk di Kantor Pelni Cabang Ambon.

"Ada lagi masalah baru yang ditemui di Kantor Pelni Cabang Ambon, yakni jadwal pelayaran kapal PT. Pelni arus balik dari Ambon menuju Sorong dan seterusnya sampai ke Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada dua kapal pt. Pelni yang akan berlayar dari Ambon menuju Sorong dan langsung ke Jayapura yakni 1 Januari 2016 yakni KM.Dobonsolo dan pada 8 Januari 2016 KM.Cerimai.

"Maunya para penumpang yang datang mengecek jadwal itu yakni jadwal keberangkatan pada 3 atau 4 saja baru menuju Sorong dan seterusnya sampai di Jayapura, sebab pada 1 Januari 2016 itu masih perayaan Tahun Baru.

Hal ini yang menjadikan penumpang bolak-balik menumpuk di Kantor Pelni Cabang Ambon guna mendapatkan kepastian. Padahal sudah ada jadwal pelayaran kapal PT. Pelni di pintu masuk, dan memang pada 2 hingga 8 Januari 2016 tidak ada kapal masuk pelabuhan Ambon.

"Apalagi KM.Cerimai dalam pelayarannya dari Ambon tidak menyinggahi Nabire, jadwalnya Ambon-Sorong-Jayapura balik lagi tanpa menyinggahi Nabire," tandasnya.

Dengan demikian kalau tidak ada solusi dari PT. Pelni Pusat, terutama perubahan jadwal pelayaran, maka para penumpang tujuan Nabire harus transit disalah satu pelabuhan yakni di Sorong atau Serui.
Perhubungan 7787251430557991335

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang