Mulai Januari 2016, Pemkot Ambon Lelang Jabatan Kepsek | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Mulai Januari 2016, Pemkot Ambon Lelang Jabatan Kepsek

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melaksanakan lelang jabatan kepala sekolah di setiap jenjang pendidikan mulai Januari 2016.

"Lelang jabatan kepala sekolah untuk jenjang pendidikan SD hingga SLTA mulai dilaksanakan Januari 2016 sebagai upaya untuk menjaring kepala sekolah yang berkualitas," kata kepala Badan Kepegawaian Kota (BKK) Ambon, Benny Selanno, Senin (22/12/2015).

Menurut dia, pihaknya akan membentuk panitia seleksi (pansel) untuk melakukan penjaringan lewat tes kepatutan dan kelayakan kepada para calon kepala sekolah.

"Sistem perekrutan kepala sekolah kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena kita membentuk pansel untuk menjaring serta menyeleksi calon kepala sekolah yang memiliki integritas yang baik," katanya.

Benny mengatakan, setiap guru yang telah memenuhi syarat dan siap untuk menjadi kepala sekolah diperbolehkan untuk mendaftarkan diri, karena pihaknya telah siap untuk melaksanakan lelang jabatan.

Seleksi lelang jabatan kepala sekolah dilaksanakan pemerintah berdasarkan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 tahun 2014 tentang PNS.

"Siapa pun yang ingin menduduki jabatan strategis yang bersangkutan harus melalui seleksi bukan diangkat atau dipilih sesuai keinginan," ujarnya.

Diakuinya, lelang jabatan dilaksanakan karena tahun 2016 sejumlah kepala sekolah telah memasuki masa pensiun, sehingga perlu dilakukan lelang.

"Para guru yang lulus seleksi nantinya telah dipersiapkan menempati jabatan baru karena banyak yang telah memasuki masa pensiun, sehingga perlu regenerasi maupun pergantian yang di�akukan berdasarkan aturan yakni tahapan seleksi," tandasnya.

Pihaknya, lanjut Benny, berharap para guru di Kota Ambon memenuhi persyaratan dan pengalaman di bidangnya serta berkemauan keras meningkatkan mutu pendidikan di Kota Ambon.

"Pendaftaran lelang jabatan akan dibuka mulai pekan pertama Januari 2016 selama satu bulan langsung dilakukan proses seleksi administrasi dan dilanjutkan dengan fit and proper test," katanya.

Ia menambahkan, selain lelang jabatan kepala sekolah juga akan dilakukan lelang untuk menduduki posisi pimpinan SKPD.

"Pejabat yang ingin menduduki sebuah jabatan strategis, harus melalui seleksi oleh pansel, sehingga tidak terkesan proses pengangkatan pejabat negara ini ada indikasi pengangkatan itu karena kedekatan pribadi," kata Benny.
Ambon 6176118902839747504

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang