Ribuan Nelayan di Ambon Belum Terima Kartu Nelayan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ribuan Nelayan di Ambon Belum Terima Kartu Nelayan

BERITA MALUKU. Ribuan nelayan di kota Ambon belum menerima kartu nelayan sebagai syarat menerima asuransi jiwa yang merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2016.

"Sampai saat ini baru 300 orang nelayan dari total 4.000 yang baru menerima kartu nelayan sehingga pihaknya berupaya mengurus agar seluruh nelayan dapat memperoleh asuransi jiwa dari KKP," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Ambon, Fernanda Louhenapessy, di Ambon, Jumat (27/11/2015).

Menurut dia, nelayan yang memiliki KTP dan kartu nelayan akan mendapatkan santunan hasil kerja sama KKP dan pihak asuransi.

Jika nelayan meninggal, maka berdasarkan perundingan sementara KKP dengan pihak asuransi, klaimnya diperkirakan bisa mencapai Rp100 - 200 juta dan paling sedikit Rp60 juta.

"Asuransi nelayan penting bagi para nelayan agar kedepan dalam melakukan aktifitas mereka dilindungi asuransi jiwa, kami berupaya agar seluruh nelayan memiliki kartu serta kedepan dapat menerima asuransi," katanya.

Fernanda mengatakan, KKP mewajibkan nelayan di seluruh perairan di Indonesia memiliki kartu nelayan untuk memaksimalkan dan mengintegrasikan kegiatan pemberdayaan.

Kartu nelayan lanjutnya, wajib dimiliki untuk mengintegrasikan kegiatan program pemberdayaan nelayan di daerah.

"Kartu tersebut mengintegrasikan kegiatan pemberdayaan nelayan oleh Ditjen Perikanan Tangkap tahun 2013, kartu nelayan telah menjadi keharusan bagi penerima BLM PUMP Perikanan tangkap, Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHAT) Nelayan, Bimbingan Teknis dan pembinaan lainnya," ujarnya.

Dijelaskannya, Menteri Kelautan dan Perikanan juga menginginkan agar organisasi nelayan di Indonesia dapat diperkuat keberadaannya guna membuat daya tawar nelayan menjadi semakin kuat.

"Dengan diperkuat organisasi tersebut ini dapat digunakan untuk membela kepentingan nelayan. Penyegaran harus dilakukan secara periodik dengan menyelenggarakan musyawarah nasional untuk tingkat nasional," tandas Fernanda.
Ambon 4989852039292866864

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang