Pertumbuhan Industri Manufaktur Mikro di Maluku Meningkat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pertumbuhan Industri Manufaktur Mikro di Maluku Meningkat

BERITA MALUKU. Pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil Provinsi Maluku pada triwulan III/2015 meningkat 3,68 persen, sedangkan pertumbuhan kumulatif sebesar 20,50 persen, dan pertumbuhan tahunan sebesar 24,61 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Diah Utami di Ambon, Rabu (4/11/2015), menjelaskan, pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil untuk tingkat nasional pada triwulan III/2015 kuartal (q -to-q) mengalami penurunan sebesar 1,31 persen, pertumbuhan kumulatif (c-to-c) sebesar 5,68 persen dan pertumbuhan tahunan (y-on-y) sebesar 6,87 persen.

Menurutnya, jika dibandingkan pertumbuhan produksi yang dialami Provinsi Maluku dengan nasional maka pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil Provinsi Maluku triwulan III tahun 2015 lebih tinggi dari pertumbuhan nasional.

"Pertumbuhan produksi industri manufaktur selama triwulan III tahun 2015 di Maluku didominasi oleh industri makanan (KBLI 10) industri minuman (KBLI 11) industri pakian jadi(KBLI 14) industri kayu, barang dari kayu , barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya (KBLI 16) dan industri pengolahan lainnya (KBLI 32)," katanya.

Industri mikro dan kecil (IMK), lanjutnya, merupakan bagian dari sektor industri manufaktur yang mempunyai sumbangan cukup signifikan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan di Indonesia.

Industri mikro adalah industri yang mempunyai tenaga kerja 1-4 orang, sedangkan industri kecil adalah industri yang mempunyai tenaga kerja 5-19 orang.

Diah menambahkan, mulai dari triwulan II tahun 2010 BPS secara rutin telah merilis data pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil triwulan. Data ini diperoleh dari hasil survei industri mikro dan kecil triwulan, yang dilaksanakan mulai dari tahun 2010 dan terbesar diseluruh provinsi di Indonesia.
Ekonomi 4715786422441922814

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang