BPBD Waspadai Sisa Material Erupsi Gunung Gamalama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BPBD Waspadai Sisa Material Erupsi Gunung Gamalama

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate, Maluku Utara meminta warga untuk memaspadai sisa material erupsi Gunung Gamalama yang bisa terbawa oleh aliran sungai.

BPBD mengingatkan warga di daerah rawan banjir untuk waspada saat musim penghujan ini menyusul hujan deras yang terjadi hampir sepekan terakhir.

Kepala BPBD Kota Ternate Hasyim Yusuf di Ternate, Minggu (8/11/2015) mengatakan belum dapat mengangkatnya meterial Gunung Gamalama karena medan yang sangat sulit dan jarak tumpukan material terlalu jauh dari pemukiman warga.

Sehingga, masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana banjir yang mengancam karena penghujan yang terjadi dalam sepekan ini, Hasyim juga meminta warga terutama di bantaran kali untuk mewaspadai adanya banjir bandang.

Peringatan ini disampaikan mengingat adanya longsoran yang terjadi di bantaran kali Tugurara bekas jalur lahar dingin menghantam rumah warga di sekitarnya.

Selain itu, di bantaran kali tersebut juga terdapat tumpukan material gunung yang pada saat terjadinya hujan lebat bisa berpotensi memicu terjadinya banjir bandang.

"Kita mendapatkan informasi dari warga kalau Barangka Tugurara ada terjadi longsor, posisinya kurang lebih 2 km dari arah bagian gunung pemukian warga, dan kita dari BPBD bersama-sama dengan Dinas PU, Lurah Tubo dan Akehuda serta Dufa-Dufa sudah melakukan peninjauan di lokasi tersebut," katanya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Wali Kota Ternate Idrus Assagaf mengunjungi BPBD untuk melihat kesiapan BPBD untuk menyambut musim hujan yang sudah mulai melanda Kota Ternate .

"Sebagai antisipasi di musim penghujan ini, harus ada langkah alternative yang dipersiapkan, kemudian laporan dari kegiatan penanganan bencana pada musim kemarau termasuk kebakaran lahan," katanya.

Setelah melakukan pertemuan ternyata masih ada kekurangan di BPBD, yaitu kekurangan peralatan sehingga masih membutuhkan waktu yang lama, karena masih banyak saluran-saluran yang tersumbat.

Malut 1866040323105183927

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang