Pemkot Tikep Malut Siapkan Perencanaan Kota Pusaka | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Tikep Malut Siapkan Perencanaan Kota Pusaka

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, menyiapkan berbagai perencanaan dengan membenahi potensi daerah ini menjadi salah satu kota pusaka dunia.

"Langkah awal ditunjukkan Pemkot berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar), Kesultanan Tidore dan sejumlah instansi dengan kesepakatan membangun Tikepmenuju kota pusaka dunia," kata Sekretaris Bappeda Kota setempat, Muslihin, di Ternate, Kamis (8/10/2015).

Kesepakatannya antara lain membangun dermaga kesultanan dan revitalisasi benteng Tahula. Benteng tersebut masih terdapat beberapa bangunan, perluasan wilayah dan penataan budayanya dan gedung sonyine malige.

Tidore akan dijadikan sebagai kota pusaka dunia dengan mengacu pada narasi sejarah Tidore yang dipelapori oleh Sultan Nuku yang memperjuangkan Papua masuk ke pangkuan wilayah NKRI.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini melirik Tidore sebagai kota pusaka Ddnia ke - 61.

Dia mengatakan, Tidore memiliki 29 bangunan sejarah yang tersebar di wilayah setempat diantaranya kadaton kesultanan, benteng, mesjid kesultanan, gedung sonyine malige, gedung eks kantor Gubernur Irian Barat dan beberapa gedung lainnya.

"Pastinya peranan, baik Pemkot Tikep dan masyarakat diharapkan mendorong pembangunan cagar budaya sehingga untuk merealisasi kota pusaka dunia," kata Muslihin. (Ant/bm 01)

Malut 6332328009522007215

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang