Umat Islam di Ternate Diminta Perbanyak Sedekah kepada Kaum Dhuafa | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Umat Islam di Ternate Diminta Perbanyak Sedekah kepada Kaum Dhuafa

BERITA MALUKU. Khatib, Muhammad Ibrahim meminta kepada seluruh umat Islam di Kota Ternate, Maluku Utara untuk memperbanyak sedekah kepada kaum dhuafa sebagai manifestasi dalam meningkatkan budaya saling membantu antarsesama.

"Islam itu mengajarkan kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah, infaq dan ibadah, sekaligus mempererat silaturahmi maupun rasa persaudaraan. Ini semua harus diwujudkan pada momentum Idul Adha," katanya saat menyampaikan khotbahnya pada Salat Idul Adha yang dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Ternate, Kamis (25/9/2015).

Muhammad mengatakan, selain hakikat berkurban juga mengajak masyarakat untuk mengedepankan semangat saling memberi, terutama bagi kaum yang mampu untuk berkurban dengan menyediakan hewan kurban bagi umat lainnya.

Selain itu, Islam sangat menentang umatnya yang tidak memiliki itikad yang baik, terutama tidak mengeluarkan rezekinya saat hari raya Idul Adha, karena orang yang berkurban tidak mungkin jatuh miskin.

Ia mengatakan, masyarakat Ternate dan daerah lainnya di Maluku Utara umumnya umat muslim.

"Jadi umat muslim harus menjadi garda terdepan dalam menunjukkan sikap saling membantu dalam melestarikan semangat kebersamaan," ujar Muhammad.

Penjabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaf, mengatakan, hari raya Idul Adha yang setiap tahun dilaksanakan umat Islam harus dimaknai sebagai bentuk memperbanyak budaya dalam mengurangi beban kaum dhuafa.

Apalagi, lanjutnya, berkurban harus selalu dilakukan dalam rangka melestarikan bentuk kebaikan kepada sesama guna meringankan beban umat Islam lainnya yang masih dirundung kemiskinan.

"Ini merupakan upaya dalam meminimalisir kemiskinan, karena rezeki yang didistribusikan bagi yang mampu melalui berkurban jangan dimaknai kalau akan mengurangi rezeki. Namun, ketika amalan yang didistribusikan melalui pengorbanan menyediakan hewan kurban, kemudian dibagikan kepada kaum dhuafa akan meningkatkan keimanan dan rezeki bagi pemberi," kata Muhammad.

Usai salat Idul Adha di lapangan Gelora Kieraha Ternate dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban oleh Pejabat Wali Kota Ternate sebanyak 208 ekor sapi dan 85 ekor kambing kepada Pengurus Hari Besar Umat Islam (PHBI) untuk dian dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya dengan menggunakan kupon. (Ant/bm 01)
Malut 1992203297765335196
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks