Pemkot Ternate Upaya Padamkan Kebakaran Hutan di Gamalama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Upaya Padamkan Kebakaran Hutan di Gamalama

BERITA MALUKU. Sejumlah petugas Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, dari berbagai instansi terkait intensif berupaya memadamkan kebakaran hutan di lereng Gunung Gamalama.

Pejabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaf, di Ternate, Rabu (23/9/2015), mengatakan, pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Gamalama itu menggunakan peralatan sederhana, karena lokasinya yang cukup sulit dan tidak memungkinkan mengerahkan mobil kebakaran.

Lokasi kebakaran yang terjadi dalam tiga hari terakhir ini membakar ribuan lahan pertanian warga, namun Pemkot Ternate belum bisa memprakirakan kerugian yang dialami para petani akibat musibah tersebut.

"Kebakaran yang terjadi di sejumlah kelurahan pada sepekan terakhir ini di lereng Gunung Gamalama meliputi Kelurahan Marikurubo, Moya, Tubo dan Kelurahan Jati," katanya.

Akibat kebakaran itu, petugas pemadam kebakaran sempat kewalahan menangani bencana alam tersebut, karena lokasinya tersebar di belasan titik yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakar untuk mengantisipasi apinya menjalar hingga ke puncak gunung Gamalama.

Idrus juga telah mendapat laporan dari pihak kelurahan mengenai dampak dari kebakaran yang berakibat banyaknya hasil pertanian warga ludes terbakar, sehingga tidak bisa menikmati hasil panennya.

Oleh karena itu, dirinya telah meminta kepada Dinas Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate untuk menyiagakan personilnya guna mengantisipasi menjalarnya api hingga ke permukiman warga.

Dia mengakui, saat ini pihaknya belum bisa mendeteksi akibat terjadinya kebakaran hutan ini, tetapi dari informasi yang diperoleh akibat musibah itu karena adanya gesekan ilalang dan daun bambu.

Wali Kota Ternate, Rabu(23/9) pagi, didampingi Kepala BPBD Ternate, Hasyim Yusuf, Kepala Pemadam Kebakaran, Camat, aparat TNI dari Kodim dan Koramil meninjau kondisi terkini di lereng Gunung Gamalama. (Ant/bm 01)
Malut 3658924246180797936

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang