Pemda Maluku Siagakan Tenaga Medis di Lokasi Pemotongan Hewan Kurban | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemda Maluku Siagakan Tenaga Medis di Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

BERITA MALUKU. Pemerintah daerah (Pemda) Maluku menyiagakan tenaga medis di lokasi-lokasi pemotongan hewan kurban baik sapi, kambing maupun domba dalam menghadapi perayaan Idul Adha 1436 Hijriyah tahun 2015 "Jadi Pemda Maluku, maupun Pemkab dan Pemkot di wilayah ini sudah menyiagakan petugas terutama tenaga medis guna melakukan pemeriksaan hewan yang akan dipotong," kata anggota Tim medis, Kunta Adnan yang ditugaskan Pemerintah Kota Ambon, Selasa (22/9/2015).

Dia menjelaskan, seluruh tenaga medis yang disiapkan di lapangan harus melakukan pemeriksaan hewan meliputi kesehatan dan umur hewan, demi menjamin hewan-hewan itu benar-benar sehat dan layak dijadikan kurban.

Ada dua jenis pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap hewan kurban. Pertama antemortem yaitu pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dipotong, yang meliputi hidung, mata, jantung, dan paru-paru.

Kedua post mortem, pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan.

"Jadi pemeriksaan post mortem dilakukan dengan sasaran pemeriksaan meliputi kondisi hati, jantung, paru-paru, limpa, ginjal, dan organ dalam lainnya, apabila ditemukan kelainan-kelainan dan ada cacing hati maka organ tersebut harus disingkirkan, dan tidak layak untuk dikonsumsi," kata Kunta.

Dia mengatakan pihaknya pekan lalu sudah melatih petugas dari tiap-tiap masjid di Kota Ambon yang akan melakukan pemotongan hewan kurban, dan mewajibkan mereka melakukan pemeriksaan, minimal bisa melihat kondisi hewan normal apa tidak, setelah itu diagnosa untuk layak dipotong atau tidak.

Dia menambahkan, dalam pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan selama ini terhadap hewan kurban di Maluku belum ditemukan penyakit-penyakit berbahaya seperti Anthrax maupun sapi gila, apalagi sapi-sapi yang disiapkan di daerah ini merupakan sapi lokal, artinya tidak ada sapi yang di datangkan dari daerah lain. ujarnya. (Ant/bm 01)
Kesehatan 3673434067047081836

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang