DKP Morotai Optomis PAD Capai Target | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DKP Morotai Optomis PAD Capai Target

BERITA MALUKU. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, optimistis Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah ini mencapai target dengan banyaknya pengusaha asal Sulawesi Utara berinvestasi.


Kepala Dinas DKP Kabupaten Pulau Morotai, Suriani Antarani saat dihubungi dari Ternate, Selasa (22/9/2015), optimistis target PAD pada sebesar Rp 500 juta bakal tercapai, karena banyaknya pengusaha ikan dari Bitung Sulawesi Utara menanamkan modalnya.

Kehadiran para pengusaha ikan asal Bitung di perairan Morotai memberi dampak yang cukup signifikan. Pendapatan Januari - September 2015 terealisasi PAD di Dinasnya Rp271, 88 juta dari target sebesar Rp 500 juta.

Sedangkan, pada 2014, PAD yang ditargetkan hanya sebesar Rp 150 juta, namun terealisasi Rp 138 juta saja.

Suriani mengakui, memang sekarang, banyak pengusaha yang belum bisa melaut karena pengaruh cuaca ekstrim melanda perairan Morotai, akhir - akhir ini.

Meskipun demikian, dia tetap optimisdengan produksi pengusaha asal Bitung yang beroperasi di perairan Morotai dengan ikan tuna menjadi primadona.

Begitu pun, ikan Malalugis menjadi sumber pendapatan DKP Morotai saat ini.

"Kebanyakan perahu-parahu Pajeko di Morotai menangkapikan Malalugis. Hasil tangkapan dijual ke Manado dan Tobelo, Maluku Utara sehingga bisa ditarik retribusi," ujar Suriani.

Pihak DKP Morotai juga memberlakukan Pungutan Hasil Perikanan (PHP) dengan sasaran kepada pengusaha. (Ant/bm 01)
Malut 5764846689187202744

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang