BMKG: Ketinggian Gelombang di Laut Arafura Capai Tiga Meter | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG: Ketinggian Gelombang di Laut Arafura Capai Tiga Meter

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon, mengingatkan laut Arafura, Kabupaten Kepulauan Aru berbahaya bagi pelayaran armada tradisional karena gelombang laut mencapai tiga meter pada beberapa hari ke depan.

"Gelombang tinggi ini berbahaya bagi pelayaran tradisional, terutama masyarakat pesisir untuk menangkap ikan," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Minggu (20/9/2015).

Kepulauan Aru secara geografis dekat dengan benua Australia.

George mengemukakan, gelombang mencapai tiga meter itu dipengaruhi juga angin kencang di Kepulauan Aru mencapai 30 KM/jam.

Kondisi ini juga mempengaruhi cuaca di Kabupaten Kepulauan Aru yang berawan.

Karena itu, masyarakat pesisir jangan memaksakan diri melaut sehubungan peringatan dini yang telah diteruskan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan Kabupaten dan dua Kota.

"Jangan memaksakan diri berlayar sekiranya kondisi cuaca ekstrim. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," kata George.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Dalam kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan. (Ant/bm 01)
Bencana Alam 4206482723834994207
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks