BMKG: Gelombang Tinggi Capai Lima Meter di Laut Banda | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG: Gelombang Tinggi Capai Lima Meter di Laut Banda

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon mengingatkan para penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut agar mewaspadai gelombang tinggi mencapai lima meter di laut Banda dan Maluku beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Minggu (5/7/2015), mengatakan, tinggi gelombang di laut Banda maupun Maluku itu dipengaruhi angin dengan kecepatan 30 KM/jam.

Sedangkan gelombang mencapai tiga meter terjadi di perairan pulau Ambon, pulau Leti, perairan kepulauan babar, pulau Tanimbar dan laut Arafura.

Dia mengemukakan, gelombang laut tiga hingga lima meter itu rawan bagi pelayaran armada tradisional maupun kapal motor penyeberangan(KMP).

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut hanya dengan mengandalkan armada tradisional.

"Armada tradisional tidak kuat menahan gempuran ombak setinggi tiga meter sehingga lebih baik mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," ujar George.

Peringatan dini tersebut telah diteruskan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan Kabupaten dan dua Kota hendaknya dipatuhi masyarakat.

"Jangan memaksakan diri berlayar sekiranya kondisi cuaca ekstrem. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," kata George.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahaan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrem sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan. (ant/bm 01)
Bencana Alam 7197897912551680286
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks