PKB Rekomendasikan Barends-Darakay Maju di Pilkada Aru | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

PKB Rekomendasikan Barends-Darakay Maju di Pilkada Aru

Ambon - Berita Maluku. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merekomendasikan Joseph Barends - Elisa Lazarus Darakay di Pilkada Kepulauan Aru, Maluku pada 9 Desember 2015.

Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis, di Ambon, Jumat, mengatakan, rekomendasi dengan No.3791/DPP - 03/VI/A - 2/V/2015 tertanggal 23 Mei 2015 ditandatangani Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dan Sekjen Abdul Kadir Karding.

Rekomendasikan diberikan kedua pasangan tersebut, yang berproses melalui penjaringan dan seleksi di tingkat DPC PKB Kepulauan Aru, survei serta tes kepatutan dan kelayakan di DPP.

Survei menunjukkan pasangan ini memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi dibandingkan kandidat lainnya yang mendaftar di PKB.

"Jadi kepada para kader maupun simpatisan PKB diinstruksikan untuk mengamankan keputusan DPP dan bila tidak mematuhinya, maka dikenakan sanksi tegas," ujar Basri.

Dia mengemukakan, Joseph - Elisa juga perlu menjalin koalisi dengan partai politik (Parpol) lainnya karena hanya PKB menempatkan tiga dari 25 legislator di DPRD Kepulauan Aru.

"Minimal harus koalisi dengan Parpol lainnya yang memiliki dua perwakilan di DPRD Kepulauan Aru agar memenuhi kuota persyaratan 20 persen," kata Basri.

Keterwakilan PKPI dan Partai Gerindra di DPRD Kepulauan Aru masing - masing empat kursi, Sedangkan, PDIP, Partai Nasdem dan PKB masing - masing tiga kursi, PPP dan PKS masing - masing dua kursi serta serta Partai Demokrat, Golkar, PAN dan Hanura masing - masing satu kursi.

Basri mengakui, sudah tiga Kabupaten di Maluku yang direkomendasikan bakal Calkada untuk mengikuti Pilkada serentak kelompok pertama 2015.

Dua lainnya adalah Sitty Suruwaky - Syarifuddin Goo di Seram Bagian Timur(SBT).

Sitty adalah Wakil Bupati SBT dua periode, sedangkan Syarifuddin saat ini menjadi Kadis ESDM setempat yang telah berproses pengunduran diri dari PNS.

Sedangkan, Buru Selatan direkomendasikan Tagop Soedarsono Soulisa - Ayub Seleky adalah petahana yang masa jabatan mereka berakhir pada 22 Juni 2016.

"Tinggal Maluku Barat Daya (MBD) yang belum direkomendasikan karena sedang berproses di tingkat DPC PKB setempat," ujarnya.

Masa jabatan Bupati Kepulauan Aru berakhir pada 26 Oktober 2015, SBT(10 September 2015), MBD( 26 April 2016) dan Buru Selatan 22 Juni 2016.  (Ant/bm 01) 
Pilkada Maluku 4969724814953735016
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang