Pemkot Ternate akan Semarakkan Ramadhan dengan Wisata Religi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate akan Semarakkan Ramadhan dengan Wisata Religi

Ternate - Berita Maluku. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menyemarakkan bulan Ramadhan 1436 Hiriah dengan sejumlah kegiatan wisata religi, di antaranya festival ela-ela dan festival gendang sahur.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Sabtu (6/6/2015) kemarin, mengatakanwisata religi itu telah menjadi agenda rutin pemerintah kota setiap bulan Ramadhan.

Tujuan utama menggelar festival ela-ela dan festival gendang sahur itu untuk melestarikan budaya Ternate, khususnya yang terkait dengan tradisi Islam serta menjadikannya sebagai daya tarik wisata religi di daerah bekas pusat Kesultanan Ternate ini.

Ia mengatakan, festival ela-ela diangkat dari tradisi masyarakat Ternate dalam menyambut malam lailatulkadar dengan cara membakar obor dan damar pada malam lailatulkadar, yang masyarakat setempat meyakininya terjadi di malam 27 Ramadhan.

Pada festival ela-ela nanti selain akan digelar prosesi ritual penyambutan ela-ela yang di pusatkan di Kedaton Kesultanan Ternate, juga akan dilakukan perlombaan ela-ela antar-kampung yang penilaiannya di dasarkan pada keindahan dan kesemarakan lampu dari obor dan lampion.

Sedangkan festival gendang sahur, menurut Wali Kota Burhan Abdurrahman, diangkat dari tradisi masyarakat Ternate dalam membangunkan orang untuk makan sahur dengan cara membunyikan gendang disertai dengan nyanyian kasidah, yang dulunya berupa pantun nasehat.

Festival gendang sahur ini akan digelar pada pertengahan Ramadhan dengan kegiatan di antaranya berupa lomba gendang sahur, yang melibatkan generasi muda atau remaja masjid dari berbagai kelurahan atau organisasi masyarakat di Ternate.

Ia menambahkan, selain kegiatan wisata religi seperti itu, Pemkot Ternate juga telah menyiapkan sejumlah tempat menjadi tujuan wisata religi, di antaranya masjid Kesultanan Ternate yang dibangun pada abad 15 dengan sejumlah kekhasannya dalam melaksanakan shalat tarawih, seperti semuanya harus memakai celana panjang. (Ant/bm 01)
Malut 6386071616159435454
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang