Pantai Rua Malut Dijadikan Lokasi Pengamatan Hilal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pantai Rua Malut Dijadikan Lokasi Pengamatan Hilal

Ternate - Berita Maluku. Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara telah membentuk Tim Hisab Rukyat untuk melakukan pengamatan hilal di Kelurahan Rua, tepatnya di pantai Rua.

Ketua Tim Hisab Rukyat Maluku Utara Dahlan Saidi di Ternate, Selasa (16/6/2015), mengatakan, pemantauan hilal dijadwalkan sore ini, tepatnya pada pukul 18.00 WIT.

"Rencananya tim sudah turun di Kelurahan Rua untuk persiapan pada pukul 16.00 WIT. Proses rukyat sendiri berjalan sekitar beberapa menit, hanya saja proses pemasangan alat itu yang agak lama," katanya.

Tim Hisab Rukyat beranggotakan unsur dari Kantor Kemenag, MUI, NU, Muhammadiyah, dan beberapa pihak terkait lain yang dianggap berkompeten.

Alat yang digunakan untuk memantau hilal adalah teleskop dan theodolid.

"Hasil kerja tim akan dilaporkan langsung ke Kementerian Agama RI, untuk ditindaklanjuti dengan sidang Isbat yang dipusatkan di Gedung Kementrian Agama malam nanti," kata Dahlan.

"Pada saat proses rukyat dilaksanakan, langsung dilaporkan ke Pusat lewat telephon, karena sidang isbat dijadwalkan malam ini, menunggu hasil rukyat dari semua provinsi," katanya.

Menurut Dahlan, penetapan awal ramadhan bisa tanggal 18 Juni 2015, bersamaan dengan penetapan awal ramadhan dari Muhammadiyah.

"Setahu saya, Muhammadiyah itu belum puasa besok, mungkin kalau ada ormas-ormas kecil yang melakukan puasa, tapi kalau Muhammadiyah itu masih belum, karena posisi hilal itu masih minus, jadi kemungkinan besar Muhammadiyah itu bersama-sama dengan Pemerintah Karena posisi hilalnya sama-sama masih minus," katanya. (Ant/bm 01)
Malut 9165624550931786037
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang