"Kultur Ambon Sangat Terbuka Bagi Para Pendatang" | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

"Kultur Ambon Sangat Terbuka Bagi Para Pendatang"


Ambon - Berita Maluku. "Kami mendalami kultur dalam beberapa hari ini di Ambon, bahwa sosok kultur kota Ambon saat ini sangat "Open Main" terbuka, dalam artian warga Ambon tidak curiga terhadap orang luar tetapi juga sangat hangat dalam menyambut dan merealisasikan kepada siapa saja yang datang ke kota itu," demikian penjelasan AB. Widyanta, MA dan Ayu Diasti Rahmawati dari Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan Universitas Gajah Madah (PSPK UGM) Jogjakarta, Kamis (11/6/2015).

Dua peneliti yang selama seminggu melakukan pendalaman berkaitan dengan pelayanan publik terhadap masyarakat adat di daerah ini menjelaskan, bahwa kondisi yang terjadi di Ambon saat ini sangat langka di Indonesia.

"Ambon memberikan kehangatan yang tidak dapat kami temukan di wilayah lain. Dan saya bisa berjalan kaki dengan nyaman disini dengan aman. Bukan itu saja, kami pun mendapat pelayanan baik dari aparaturnya. Mereka sangat "helpfull" membantu baik dari personnya," kata Ayu Diasti Rahmawati saat diminta tanggapannya soal pelayanan masyarakat maupun aparatur di daerah ini.

Kepada media ini mereka mengaku, bahwa Ambon bisa menjadi salah satu praktisi dalam kaitan dengan multikulturalisme masyarakat adat yang pluralisme, dimana masyarakat hidup saling berdampingan, satu dan lain yang saling mendukung.

"Saya kira Indonesia membutuhkan semacam prespektif contoh-contoh baik seperti Ambon ini, dan ini bisa direplikasi ke banyak tempat yang lain yang memiliki potensi yang juga hampir sama pluralitasnya maupun multikulturalnya," jelas Widyanta.

Mereka juga menilai, bahwa kota Ambon bisa menjadi barometer di Indonesia terkait multikuluralisme yang plural yang mampu dikelola secara baik. Sehingga menurut mereka, masyarakat adat yang ada saat ini menjadi kekayaan kota Ambon bahkan Indonesia.

Sayangnya waktu bagi kedua peneliti ini di Ambon cukup singkat, apalagi kota Ambon saat ini diguyur hujan. "Masih sedikit waktu untuk kami mendalami tentang Ambon namun kami berusaha untuk kembali karena Ambon cukup menarik," jelas Ayu. (bm 01)
Indeks 4068480977079905189
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang