ACC Kota Ambon Selenggarakan Turnamen Catur Non Master Terbuka | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

ACC Kota Ambon Selenggarakan Turnamen Catur Non Master Terbuka

Ambon - Berita Maluku. Dalam rangka hari ulang tahun Penggagas Amboina Chess Club (ACC) Kota Ambon, panitia Amboina Chess Club (ACC) mengadakan Turnamen catur Piala terbuka Kehormatan Bapak Ir. Melkias Frans, Rabu (3/6/2015).

Pembukaan Kejuaraan Catur Piala Terbuka non master ACC Club I  2015 ini berlangsung di gedung DPD KNPI Maluku Ambon, dihadiri Ketua Harian KONI Kota Ambon, Yan Heumase, Ketua Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kota Ambon, Ali Ohorella, Pembina Amboina Chess Club (ACC), Ir. Melkias Frans, perwakilan Pengurus DPD KNPI Maluku dan salah seorang pecatur master Maluku, Udin Wali.

Ketua Panitia Amboina Chess Club (ACC), Rachman Arif kepada Berita Maluku menjelaskan, turnamen yang diikuti 144 orang peserta ini berlangsung selama 4 hari mulai Rabu 3 hingga  7 Juni 2015.

Arif mengatakan, para pemenang akan diberikan kesempatan melawan master nasional dari Maluku.

"Jadi kejuaraan pertama non master ini kita mengambil peringkat sampai 20. Namun peringkat 1 sampai 10 kita akan mengistimewakan mereka untuk melawan para master tingkat nasional dari Maluku. Hal ini supaya pemenang juga mendapatkan kehormatan ," jelas Arif.

Menurutnya, turnamen ini menggunakan sistem swiss yang rencananya terdiri dari 5  hingga 9 babak.

"Jadi 10 orang pemenang akan ditambah 6 master kita akan bikin 5 babak pertandingan sedangkan untuk seratusan peserta non master ini akan dibikin hingga 9 babak, " jelasnya.

Turnamen non master memperebutkan piala bergilir ACC serta bonus tabanas.

"Untuk juara 1 kita akan berikan bonus sebesar Rp1,2 juta, juara 2 Rp850 ribu, juara 3 Rp500 ribu, juara 4 Rp 400 ribu, juara 5 Rp300 ribu dan juara 6 sampai 10 sebesar Rp150 ribu. Sedangkan 11 sampai 20 mendapatkan Rp100 ribu," jelasnya.

Untuk diketahui, Kejuaraan Catur Piala Terbuka non master Turnamen Open Chess "ACC Club I tahun 2015 ini baru pertama kalinya diselenggarakan di kota ini dan tampak mendapat respons antusias dari para peserta. 

Turnamen open selain diikuti peserta dewasa juga diikuti 2 peserta cilik. Peserta cilik masing-masing Dewa (10) tahun dan Vladimir Wattimena 8 tahun.

Pantauan Berita Maluku di arena turnamen yang berlangsung di lantai II gedung DPD KNPI Maluku, dimana peserta seluruhnya dibagi menjadi 37 pasangan.

Sampai pukul 17:00 wit,  masih berlangsung pertandingan babak pertama. 

Beberapa pasangan tampak masih bertahan. Mereka terlihat sangat teliti untuk mengatur setiap bidak yang akan menentukan langkah berikutnya. Sementara beberapa pasangan lain tampak sudah mengakhiri pertandingan.

Peserta yang menang maupun kalah dipastikan masih diberikan kesempatan mengikuti pertandingan babak berikutnya  pada puku 10 pagi, Kamis besok. (Bm 01)

Olahraga 3993494609580497634
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang