Raja Hukurila Diimbau Perkuat Identitas Adat dan Menyejahterakan Masyarakatnya | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Raja Hukurila Diimbau Perkuat Identitas Adat dan Menyejahterakan Masyarakatnya

Desa Hukurila - Ambon
Ambon - Berita Maluku. Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy melantik Raja Hukurila periode 2014/19, John Josepus Marthen di Kantor Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, Senin (10/11/2014).
Marthen merupakan Raja yang pernah melaksanakan jabatan pada periode pertama dan kembali dilantik wali kota untuk periode kedua bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan, pelantikan hari ini agak spesifik karena bersamaan juga perayaan Hari Pahlawan oleh Bangsa Indonesia.

’’Kita berharap bapak Raja bisa menjadi pahlawan pembangunan di Hukurila ini bagi kesejahteraan rakyat dan masyarakat negeri ini,’’ pesannya.

’’Lembaga-lembaga adat seperti ini sangat penting bagi Ambon sebagai Kota Adat dan sebagai Negeri Raja-raja yang mana dalam setiap kesempatan selalu saya tegaskan tentang pentingnya sebuah identitas Pemerintah Sosial masyarakat kita, dan saya tegaskan hal ini juga kepada masyrakat Hukurila untuk bisa menjaga identitas kita dengan sebaik-baiknya’’.

Louhenapessy melanjutkan, para antropolog mengatakan bahwa kualitas dan identitas sosial sebuah kelompok masyarakat itu biasanya dilihat paling tidak dari tiga komponen, yakni pertama menunjukan identitas kita adalah bahasa. ’’Bahasa bisa menunjukan identitas sebuah kelompok sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat’’.

’’Komponen yang kedua, yaitu makanan, dan komponen yang ketiga, yaitu kita punya pernak pernik budaya, salah satunya musik atau nyanyi. Komponen-komponen ini penting sekali untuk dijaga sebagai identitas kita. Nilai-nilai ini harus selalu kita jaga, dan pelihara ke depan. Oleh karena itu, sebagai Raja sangat penting sekali khususnya dalam mengelola Pemerintahan yang ada di Negeri-negeri Adat’’.

’’Saya sadari sungguh bahwa predikat aturan kita dalam Peraturan Daerah (Perda) baik Perda Nomor 13 Tahun 2005 maupun Perda Nomor 3 2006 itu memiliki banyak sekali kekurangan dan kelemahan. Sementara ini kita berproses untuk mereview kembali seluruh Perda itu supaya bisa mengakomodir seluruh kepentingan nilai-nilai budaya masyarakat adat kita’’.

’’Raja Hukurila yang sudah dilantik harus bisa menjadi Pahlawan di Negeri Hukurila demi membangun Negeri ini semakin maju ke depan dan menyejahterakan masyarakat Negeri Hukurila. Untuk itu, sangat diperlukan kerja sama yang baik dari masyarakat untuk membantu Raja agar negeri ini lebih baik ke depan,’’ kunci Louhenapessy. (ev/mg bm 015)
Ambon 4898463335698130795
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks