Malaria dan ISPA Penyakit Dominan di MBD | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Malaria dan ISPA Penyakit Dominan di MBD

Eko Falirat
Ambon - Berita Maluku. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya, Eko Falirat mengungkapkan penyakit-penyakit endemik di wilayah itu yang paling sering menelan korban adalah malaria dan Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

’’Kalau penyakit endemik di sini yang paling menonjol itu malaria dan ISPA,’’ sahut Falirat kepada pers di ruang kerjanya di Tiakur, pekan lalu.

Dijelaskan Falirat, tempat paling banyak penyebaran malaria dan ISPA adalah Wetar dan Moa. ’’Sesuai hasil penelitian tim kesehatan dan hasil pengobatan yang dilakukan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan MBD, tampaknya Wetar dan Moa yang paling banyak endemik malaria dan ISPA,’’ urainya.

Menyinggung jumlah sarana dan prasarana yang ada untuk mengantisipasi penyebaran malaria, ISPA dan penyakit lain, Falirat berujar pihaknya masih mengandalkan 20 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Puskesmas Pembantu untuk menangani masyarakat yang terjangkiti virus malaria, ISPA dan lainnya di 17 kecamatan.

Meski begitu, akui Falirat, pihaknya masih terkendala tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat untuk melengkapi kekuarangan tenaga di Puskesmas maupun Pustu yang tersebar seluruh kecamatan.

’’Harapan kita melalui rekrutan CPNS nanti ada penambahan tenaga kesehatan, sehingga dapat mengisi kekosongan tenaga media di Puskesmas maupun Pustu yang ada di masing-masing kecamatan,’’ serunya. (bm 01)
Kesehatan 1202707418794323200
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks