Terima LKPJ, Benhur Ingatkan Pimpinan OPD Tidak Boleh Mangkir Dalam Pembahasan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Terima LKPJ, Benhur Ingatkan Pimpinan OPD Tidak Boleh Mangkir Dalam Pembahasan


AMBON - BERITA MALUKU.
DPRD Provinsi Maluku menerima dokumen Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2023.  


Dokumen yang diserahkan Wakil Gubernur, Baranabas Orno diterima oleh Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun dalam rapat paripurna di rumah rakyat, karang panjang, Ambon, Kamis (04/04/2024). 


Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan salah satu mekanisme yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD adalah penyampaian laporan keterangan pertanggung jawaban Gubernur. 


Dirinya mensyukuri penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Maluku pada tahun 2023 dapat berjalan dengan baik, meskipun diperhadapkan dengan berbagai persoalan. Namun atas kerja keras semua unsur dan perkenaan Allah Maluku mengalami kemajuan yang cukup signifikan. 


Hal ini tergambar dari capain beberapa indikator antara lain, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran terbuka, upaya penurunan gas rumah kaca, laju pertumbuhan ekonomi, dan inflasi. 


"Berbagai capaian indikator tersebut menunjukan bahwa apabila seluruh komponen pembangunan bekerjasama secara sinergis maka berbagai kemajuan yang diharapkan dapat terwujud," ujarnya. 


Orno berharap Dokumen LKPJ 2023 yang diserahkan akan dibahas secara internal oleh Dewan, kemudian melahirkan rekomendasi yang konstruktif sebagai masukan bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas-tugas kedepan. 


Sementara itu, Ketua DPRD Benhur Watubun menyampaikan apa yang disampaikan Wakil Gubernur bahwa Maluku mengalami perubahan signifikan, hal ini perlu diuji dalam kinerja pemerintah daerah dalam LKPJ. 


"Dokumen yang disampaikan masih perlu dibahas bersama Dewan sesuai mekanisme yang berlaku, dan pada waktunya akan melahirkan rekomendasi oleh DPORD maluku, terhadap  laporan keterangan pertanggung jawaban Gubernur," ucapnya.  


Benhur juga mengingatkan pimpinan OPD, terkhususnya Kepala Dinas Pendidikan Maluku, Insun Sangadji agar hadir dalam setiap proses pembahasan LKPJ. 


"Kami Ingatkan Kepala Dinas Pendidikan untuk tidak alpa dalam proses pembahasan, begitu juga pimpinan OPD lain yang ada dalam komisi lain, mereka selalu menyampaikan izin tergantung izin. karena itu kami ingatkan kembali ke saudara-suadara bahwa amanat yang kita laksanakan ini berdasarkan UU, kita harus patuh karena kita diatur oleh UU," tegasnya.

Headline 8570702287093543758
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks