Sekda Maluku: ST 2023 Harus Hasilkan Data Akurat Dan Berkualitas Wujudkan Kemajuan Pembangunan Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sekda Maluku: ST 2023 Harus Hasilkan Data Akurat Dan Berkualitas Wujudkan Kemajuan Pembangunan Maluku


AMBON – BERITA MALUKU.
Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU, bertindak selaku Pembina Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, pada Selasa (30/5/2023) bertempat di Pattimura Park.


Turut serta juga pada kegiatan tersebut Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, ST., M.Si, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Sekretaris Kota Ambon, Kepala BPS Kota Ambon, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, Stakeholder terkait, Unsur Kepolisian, Paguyuban BPS se-Maluku, dan unsur lainnya.


Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan Sensus Pertanian 2023 adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi para petani.


“Data registrasi petani merupakan gabungan dan Kementerian dan Dinas yang membawahi Bidang Pertanian, yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. Data yang dikumpulkan diantaranya yaitu input pertanian, sumber daya alam, modal, produksi dan produktivitas, sumber daya manusia pertanian, hingga sumber daya teknologi,” terangnya.


Sadali juga menerangkan, bahwa Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik mengamanatkan BPS sebagai penyelenggara Statistik Dasar, setiap bulan merilis angka inflasi, nilai tukar petani, tingkat penghuni kamar hotel, transportasi, ekspor, impor, pertumbuhan ekonomi, angkatan kerja dan kemiskinan.


“Data tersebut sangat dibutuhkan berbagai kalangan termasuk Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan monitoring, evaluasi, perencanaan dan pengambilan kebijakan yang tepat sasaran,” ujarnya.


Ia menyampaikan, tahun ini BPS akan menyelenggarakan Sensus Pertanian 2023 dan merupakan sensus ketujuh, dengan tagline “Mencatat Pertanian Indonesia untuk kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”.


“Untuk itu, kepada seluruh petugas Sensus Pertanian (ST 2023) agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Jaga Kesehatan bpk/ibu dan tetap semangat menjalankan tugas-tugas kedepan. Kiranya Sensus Pertanian 2023 dapat menghasilkan data yang akurat dan berkualitas untuk kemajuan pembangunan di Provinsi Maluku,” tutupnya.

Pemprov 7031206126417668011
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks