BAZNAS Maluku Dituntut Amanah Menyalurkan Zakat | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BAZNAS Maluku Dituntut Amanah Menyalurkan Zakat


AMBON - BERITA MALUKU.
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Maluku memperingati HUT ke-22 di Kantor TP-PKK Maluku, Selasa (24/1/2023). 


Pada peringatan HUT tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail melalui sambutannya yang dibacakan Sekda Sadali Ie mengatakan, zakat merupakan salah satu ibadah pokok kaum muslimin yang mampu untuk mensucikan diri dan harta atas karunia yang diberikan Tuhan. Zakat juga memiliki dimensi horizontal yang berfungsi sebagai media untuk membangun rasa solidaritas sosial terhadap sesama, khususnya kaum Mustadafin (Kaum yang lemah atau dilemahkan) di dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM, pemberdayaan ekonomi serta berbagai permasalahan sosial lainnya. 


"Saya menghimbau kepada BAZNAS Provinsi Maluku agar menjaga amanah menyalurkan zakat dengan baik, serta sistem pengelolaan dan pengumpulan zakat kedepan terus ditingkatkan," himbau Gubernur. 


Mengatasnamakan masyarakat dan pemerintah provinsi Maluku, Gubernur pun menyampaikan selamat atas peringatan HUT ke-22 kepada segenap Pengurus BAZNAS Provinsi Maluku yang telah menunjukkan dedikasi dan kepedulian terhadap pengelolaan zakat bagi masyarakat di daerah ini. 


"Selaku kepala daerah, saya menyambut positif kegiatan ini sekaligus menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BAZNAS yang terus bekerja untuk membangun kesadaran masyarakat muslim di Maluku, untuk memenuhi salah satu kewajibannya sebagai muslim dalam menunaikan zakat maupun berinfak dan bersedekah," ujar Gubernur. 


Mantan Dankor Brimob ini berharap, BAZNAS akan melakukan terobosan baru sesuai perkembangan teknologi dalam hal penyaluran zakat, infaq dan sedekah agar sesuai ketentuan syariat serta peraturan dan undang-undang yang berlaku.


"Saya mengingatkan kepada semua pihak terutama para pejabat daerah di semua tingkatan dan semua ASN di lingkup pemerintah provinsi Maluku beserta perusahaan yang ada di Maluku, untuk bersama-sama menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS sebagai wujud kepedulian terhadap sesama," harap Gubernur. 


Ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad berharap BAZNAS Maluku dapat meningkatkan penyerapan zakat dari berbagai sektor pemerintahan maupun swasta untuk melahirkan program penyaluran yang dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. 


Hal ini mengingat, sambung Widya, besar sekali potensi yang dapat dirasakan masyarakat jika dana zakat yang dikelola BAZNAS Maluku disalurkan dengan baik. Dampaknya tidak hanya pada Kesejahteraan ekonomi keluarga melainkan juga ada pada sektor pendidikan dan kesehatan.


"Ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada BAZNAS provinsi Maluku, yang telah berkolaborasi dengan TP-PKK provinsi Maluku dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Maluku melalui program bantuan modal usaha bagi usaha rumah tangga (Usaha mikro)," harap Widya. 


Sedangkan Plt. Ketua BAZNAS Maluku Arsal Tuasikal berharap, pemerintah daerah untuk terus mendukung upaya penguatan kelembagaan dan tata Zakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Hal tersebut dilakukan guna mengoptimalkan pengumpulan serta penyaluran ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) menjadi lebih baik. Dengan begitu, kinerja penyaluran zakat oleh BAZNAS dapat meningkat serta pengumpulan zakat bisa lebih maksimal.


"Kami berharap, pemerintah selalu mendukung berbagai kebijakan, termasuk zakat yang berfungsi sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Kami berharap potensi ini dapat terus digarap, ditingkatkan, serta mampu meningkatkan pengumpulan zakat yang dilakukan BAZNAS," harap Tuasikal. 


Di kesempatan ini, Sekda Maluku Sadali Ie dan Ketua TP-PKK Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad mewakili BAZNAS Maluku berbagi kasih dengan membayar Iuran BPJS Kesehatan kepada  60 Penyuluh Agama Non PNS se-Pulau Ambon, pengisian BBM Gratis kepada Ojol Perempuan se-Pulau Ambon dan bantuan UMKM Z-Mart.


Peringatan HUT ke-22 BAZNAS Maluku dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM M. Nasir Kilkoda, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Maluku Ny. Nita Sadali dan undangan lainnya.

Pemprov 7993589952145612098
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks