Hasil Uji Sampel Makanan Pelajar Siswa SMA Siwalima Negatif | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Hasil Uji Sampel Makanan Pelajar Siswa SMA Siwalima Negatif


AMBON – BERITA MALUKU
. Enam sampel yang diduga menjadi penyebab keracunan puluhan pelajar SMA Siwalima telah selesai diuji Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Maluku.


Berdasarkan hasil uji Lab, tidak ditemukan bakteri di keenam sampel yang diserahkan oleh Petugas Puskesmas Nania, yaitu  nasi putih, sambal goreng tempe ikan teri, telur burung puyuh yang digoreng menggunakan tepung crispy, sambal Gula, pisang moleng, dan patatas goreng.

Walaupun demikian, ada beberapa makanan yang dikosumsi pelajar SMA Unggulan di Provinsi Maluku itu, tidak diserahkan untuk diuji lab, yaitu Sayur Bayam dan Sop Kacang Hijau.  Padahal makanan tersebut diduga menjadi penyebab utama terjadinya keracunan masal. 

“Hanya enam sampel yang kami terima dari petugas Puskesmas Nania, Jumat 18 November. Sedangkan Sop Kacang Hijau dan Sayur Bayam tidak ada. Untuk hasil lab enam sampel telah dikeluar kemarin, hasilnya negative tidak ada bakteri,” ungkap Kepala Balai Labortorium Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (22/11/2022).

Menurut Rerung, untuk memperkuat hasil Lab, pihaknya merencanakan untuk mengirimkan sampel untuk diuji Balai POM Ambon. Namun karena keterbeatasan Sampel, rencana tersebut urung dilaksanakan.

“Tadinya petugas saya rencana mau kirim sebagian sampel ke Balai POM untuk pembanding, tapi karena sampelnya pas-pasan, jadinya tidak bisa dikirim,” ucapnya.

Pada prinsip, ungkap Rerung sesuai hasil uji enam sampel, hasilnya menujukan Negative, atau tidak ditemukan bakteri.

“Hasil ini akan saya laporkan ke Kepala Dinas Kesehatan Maluku,” cetusnya.

Sekedar tahu, peristiwa keracunan Massal di SMA Siwalima terjadi Kamis 17 November 2022.

Berdasarkan keterangan salah satu siswa Prety Masella, pukul 13.00 WIT, dilaksanakan makan siang bersama di ruang makan siswa pelajar dengan menu Ikan goreng dan sayur bayam.

Setelah mengkonsumsi makan tersebut perempuan yang duduk di kelas 11³ itu langsung mengalami lemas dan rasa muntah.

Malamnya pukul 20.00 WIT, Prety juga makan malam bersama dengan menu sop kacang hijau dan telur dadar, namun pada saat yang bersangkutan menikmati makanan langsung mengalami kepala pusing, rasa mual-mual disertai rasa mau muntah.

Walaupun dalam kondisi lemas, Prety tetap masih memaksakan diri untuk mengikuti giat belajar malam.

Kemudian Jum'at 18 November pagi hari sekitar pukul 08.00 WIT, Prety kembali mengalami sakit perut mual, kepala pusing di sertai lemas mengakibatkan penurunan kesadaran.
Kesehatan 8064339268212410015
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks