Tingkat Kualitas Manajemen, Dinkop Dan UMKM Gelar Pelatihan Kepada Pelaku Usaha | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tingkat Kualitas Manajemen, Dinkop Dan UMKM Gelar Pelatihan Kepada Pelaku Usaha


AMBON - BERITA MALUKU
. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Maluku menggelar pelatihan manajemen pemasaran berbasis jaringan.


Kegiatan yang berlangsung sejak 15-17 september di golden palace hotel, dalam rangka meningkatkan kualitas pelaku UMKM di Maluku.

"Kegiatan ini diikuti 109 pelaku usaha dari Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Maluku Tengah," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Maluku, M. Nasir Kilkoda, Senin (19/09/2022).

Dikatakan, pelatihan manajemen pemasaran berbasis jaringan merupakan wujud kerja nyata  Pemerintah Provinsi Maluku dalam meningkatkan kualitas, dan memahami secara baik jejaring usahanya.

"Jika pelaku usaha memahami dasar usahanya dan jejaring bisnisnya, maka pemasaran produk-produk UMKM akan menjadi terangkat pula," ucapnya.

Kilkoda berharap, peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, dapat memaksimalkan semua materi yang telah diterima, dan terus bergerak positif dalam berwirausaha, karena menyerah bukan pilihan.

Sekedar tahu, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari menghadirkan narasumber  dari Universitas Pattimura, DR. Rooy Sitaniapessy, DR. Aisyah Asnawi, dan Master Mentor Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ari Prabowo, dengan materi tentang Kewirausahaan, Strategi Bisnis Usaha Kecil, Manajemen Pemasaran, Perilaku Konsumen, dan Konfigurasi Jaringan Bisnis.

Salah satu peserta menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi pada upaya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku yang telah menyelenggarakan Diklat UKM ini.

"Luar biasa materi padat yang diberikan oleh mentor kita dikelas yakni coach Ari Prabowo, Juga Pak Roy, Ibu Aisah dan Ibu Niken selain dibawakan dengan detail, beliau-beliau juga memberikan materi dengan sabar dan penuh semangat! sehingga 35 peserta masing masing  dalam kelas pada senang dan menyerap ilmu yang luar biasa," pungkas peserta.
Ekonomi 7024386585728128570
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks