Pengusaha Tanimbar Gandeng TNI/Polri Salurkan Bantuan Sembako | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pengusaha Tanimbar Gandeng TNI/Polri Salurkan Bantuan Sembako


SAUMLAKI - BERITA MALUKU.
Salah satu bentuk kepedulian sejumlah pengusaha di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terhadap warga masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 di Bumi Duan Lolat, diwujudnyatakan melalui penyaluran bantuan sebanyak 1300 paket sembilan bahan pokok (sembako). 


Informasi yang diterima media ini, Jumat (23/7/2021) menyebutkan, aksi sosial dilakukan para pengusaha lokal di Tanimbar. Mereka disupport pihak Polres Kepulauan Tanimbar beserta Kodim 1507/Saumlaki untuk membantu mereka melakukan aksi sosial.


Koordinator bantuan sosial (bansos) gotong royong, Andreas Taborat, yang juga merupakan salah satu pengusaha mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan ide dan gagasan dari Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Romi Agusriansyah. 


Berdasarkan ide dan gagasan Kapolres, kemudian dirangkum menjadi satu kebersamaan oleh para pengusaha untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam penanggulangan dampak ekonomi di masa pandemi Covid-19, yang sampai saat ini masih melanda dunia tanpa terkecuali Tanimbar. 


Alhasil, uang tunai yang berhasil terkumpul sekitar Rp170-an juta dan dibelanjakan habis untuk sembako. 


"Ini baru tahap awal, kami sisihkan dari berkat yang kami terima untuk sedikit membantu Pemda dan rakyat di daerah ini. Kami percaya kepada TNI dan Polri dalam teknis pembagian, karena memberikan rasa aman dan lebih tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan," ujar Andreas Taborat usai penyerahan bansos secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang bertempat di Mapolres Kepulauan Tanimbar.


Kapolres Romi Agusriansyah, menjelaskan jika bansos gotong royong ini selain melibatkan sejumlah pengusaha, juga turut melibatkan pihak BRI Cabang Saumlaki melalui program BRI peduli. 


Kapolres Romi mengungkapkan, mengapa TNI dan Polri dipilih untuk menyalurkan bantuan ini, karena pihaknya telah melakukan pendataan kepada masyarakat yang benar-benar dinilai layak untuk menerima bansos. 


Oleh karena itu, dalam penyaluran bansos, Kapolres melibatkan langsung para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta para Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar data penerima bansos lebih tepat sasaran.


"Aksi para pengusaha ini kita harus dukung. Kenapa lewat Bhabinkamtibmas dan Babinsa? itu supaya data penerima bantuan lebih tepat sasaran, karena merekalah yang lebih tahu kondisi masing-masing wilayahnya," tandas Kapolres Romi.


Ia menambahkan, untuk pendistribusian bansos kepada masyarakat yang berada di daerah pesisir, pihaknya meminta bantuan Lanal Saumlaki. Sedangkan tahap berikutnya, bansos akan disalurkan juga hingga Panti-Panti Asuhan yang berada di Kota Saumlaki.


Turut hadir dalam penyerahan bansos secara simbolis tahap pertama tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1507/Saumlaki Letkol. Inf. Indra Hirawanto, Komandan Satuan (Dansat) Radar 245/Saumlaki Letkol. Lek. Fusi Arizona, para pengusaha, diantaranya Andreas Taborat, Ipe, Putra Tanbun, Ci Memey, Charlie Palapia, dan Tos Uwratuw. (ys)

Tanimbar 5186159303268714302
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks