Sangadji: Sekolah Yang Tidak Patuhi Pembayaran Honor Guru Penugasan Akan Ditindak Tegas | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sangadji: Sekolah Yang Tidak Patuhi Pembayaran Honor Guru Penugasan Akan Ditindak Tegas


AMBON - BERITA MALUKU.
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji akan menindak tegas Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK yang tidak menindaklanjuti perintah untuk pembayaran honor guru penugasan yang dialihkan dari guru kontrak. 


"Jadi mereka harus taat sesuai perintah, jika tidak saya akan menindak tegas siapapun yang tidak mengikuti perintah ini," ungkap Sangaji kepada wartawan usai rapat dengar pendapat bersama komisi III DPRD Provinsi Maluku, Rabu (05/04/2021). 


Dikatakan, dari 1.004 guru kontrak di tahun 2020, 440 diantaranya dialihkan menjadi guru penugasan ditempatkan pada sekolah-sekolah besar atau jumlah siswanya banyak. 


Hal ini dikarenakan, sekolah-sekolah tersebut memiliki dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sangat besar, dimana 50 persen dari dana tersebut bisa dingunakan untuk kesejahteraan guru sesuai amanat Menteri Pendidikan.   


Olehnya itu, dirinya meminta kepada 440 guru penugasan agar tidak perlu takut, pastinya honor yang diberikan tidak akan jauh berbeda bahkan lebih dari guru kontrak. 


"Saya akan terus mengontrol, jadi tidak perlu takut," tandasnya. 


Terkait hak-hak guru penugasan yang dialihkan dari guru kontrak triwulan I Januari-Maret, dirinya memastikan tetap akan diberikan. 


Lebih lanjut dikatakan, untuk mengantisipasi polemik saat penyerahan SK guru penugasan, pihaknya akan melampirkan alasan kenapa tidak lagi dingunakan di guru kontrak. 


Ditempat yang sama Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Samson Atapry mengutarakan data-data pengalihan guru kontrak ke guru penugasan sudah dibuat sesuai analisasi kebutuhan, hanya saja secara administrasi belum dibuat.


"Data-data sebenarnya sudah ada, tetapi secara administratif belum dibuat, sehingga menjadi pertanyaan dari Guru kontrak 2020 kenapa dialihkan, padahal syarat-syarat dialihkan sudah ada, itu yang kita minta supaya polemik ini selesai, dan guru-guru itu dia mengetahui harus dialihkan, itu harus ada satu administrasi resmi dikeluarkan, dan pada saat dia dialihkan penugasan dilampirkan, sehingga dia mengetahui pasti penjelasan dilaihkan, karena ada ada alasan objektif yang sudah ditetapkan oleh Dinas," terangnya. 

Pendidikan 7864488535895909688
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks