Ada Kejanggalan Dalam Penyaluran Bantuan Bencana Gempa | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ada Kejanggalan Dalam Penyaluran Bantuan Bencana Gempa


AMBON - BERITA MALUKU.
Penyaluran bantuan bencana Gempa tahun 2019 kini masih menjadi polemik, terkhususnya di Kabupaten Maluku Tengah.


Terbukti masih ada keluhan dari sejumlah penerima bantuan, dalam hal ini masyarakat Suli, terkait penggunaan biaya perbaikan rumah akibat gempa.


"Dari pertemuan bersama masyarakat Suli, memang ada beberapa kejanggalan, misalnya uang yang sudah dikirim ke rekening ke masing-masing penerima ditarik kembali dan diberikan ke petugas BPBD Maluku Tengah," ungkap Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury kepada wartawan di baileo rakyat, Karang Panjang, Ambon, Rabu (05/05/2021).


Kejanggalan lainnya, terlihat dalam pemberian kuasa yang diberikan pemilik rumah, untuk membuka rekening menampung dana dari pemerintah, kemudian anggarannya dicairkan oleh BPBD Malteng.


Begitupula daftar harga barang di toko, padahal dana tersebut diserahkan langsung kepada masing-masing penerima bantuan. 


"Terkait perbaikan bagaimana mereka yang bekerja, tapi yang terjadi mau diambil alih tanggungjawab itu, akibatnya terjadi kejanggalan,"ucapnya.


Menurutnya, semua aspirasi disertasi bukti yang disampaikan perwakilan warga Suli, akan dibahas lanjut oleh Komisi III dengan BPBD Maluku, bersama perwakilan masyarakat Suli, sehingga masyarakat tidak dikorbankan.


"Kami sudah tugaskan komisi III mengundang BPBD Maluku untuk membicarakannya, setelah itu tindaklanjut ke Maluku Tengah seperti apa," ujarnya.


Bila perlu, ungkap Bendahara PDIP Maluku ini, DPRD melakukan peninjauan langsung ke lapangan, sehingga bisa mengetahui secara pasti kebenarannya. 


"Pemerintah mempunyai perhatian serius tetapi pada tingkat bawah justru menjadi masalah, anggaran sudah dicairkan tetapi dibawah menjadi masalah, hal ini menjadi perhatian kami untuk ditelusuri lebih lanjut," pungkasnya.

Dewan 6917182391186727349
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks