Rapat Bersama Komisi I dan Mitra, Kubangun Tekankan Fasilitas Pendukung Pilkada | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Rapat Bersama Komisi I dan Mitra, Kubangun Tekankan Fasilitas Pendukung Pilkada


AMBON - BERITA MALUKU.
Ada berbagai hal ditekankan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun dalam rapat bersama Komisi I DPRD Maluku, Pemda, Telkom dan PLN, terkait sarana prasarana pendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang berlangsung di empat daerah 9 Desember mendatang, di Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru, dan Maluku Barat Daya (MBD).


Hal-hal yang disampaikan Kubangun dalam rapat, yang berlangsung di baileo rakyat, Karang Panjang, Ambon, Senin (28/09), yaitu fasilitas kesehatan pendukung, katakanlah fasilitasi alat rapid test, swab.


"Ini yang penting karena protokol kesehatan utama, tetapi paling utama memastikan diri kita sendiri sehat dan mematuhi protokol kesehatan, dengan melakukan Rapid Test, atau swab secara berkala. Jadi ini di empat kabupaten/kota kekurangan dan kita akan mengkonsolidasikan di seluruh personil kita baik PPK, KPPS yang akan melaksanakan tugas," ujarnya.


Hal lain, jelasnya terkait jaringan listrik dan jaringan internet, yang saat ini hanya terpusat di ibukota kabupaten di empat daerah. 


"Untuk jaringan telekomunikasi atau jaringan internet hanya terpusat di ibukota kabupaten milsanya SBT di kecamatan Bula, Kepulauan Aru di Dobo, MBD di Moa dan Buru Selatan di Namrole. Jadi belum menjangkau beberapa kecamatan, apalagi di beberapa desa," ucapnya.


"Apalagi di masa-masa kampanye, menurutnya bagaimana fasilitas kampanye, yang terdiri dari beberapa metode, tatap muka, dialog, dimana norma KPU dilaksanakan secara online atau media daring," ucapnya. 


Menurutnya, jika belum tertangani, maka tahapan kampanye saat ini bisa dilakukan tatap muka dengan pembatasan jumlah, dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Upaya ketersediaan sarana dan prasarana, bukan hanya untuk kepentingan penyelenggara pemilu, tetapi ada juga peserta pemilu, sehingga partisipasi masyarakat bisa ditingkatkan," pungkasnya.


Sementara itu, terkait protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada, Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra, mengatakan berbagai hal dibahas dalam rapat bersama Komisi I, yaitu pelaksanakan pemilihan di tanggal 9 Desember. 


"Kalau masyarakat yang datang mencoblos tidak ada masker maka diberikan, itu kewajiban," ucapnya.


Ia juga meminta, Telkomsel untuk menyelesaikan jaringan di wilayah yang belum tersentuh jaringan. 


Kemudian terkait, keamanan Pilkada, pihaknya akan mengadakan rapat lanjutan bersama Polda untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, dan lancar. 


"Apa yang disampaikan betul terjadi dilapangan. Kami harapkan, termasuk rapat lanjut dengan Polda untuk memastikan situasi keamanan, karena beberapa titik tertentu sesuai informasi, contoh SBT, ada beberapa titik yang menjadi perhatian dari sisi keamanan," tuturnya.


Karena menurutnya, pemilu tahun ini menjadi barometer untuk pemilu yang akan datang, baik tahun 2022 maupun 2024.


Di tempat sama, Manager Network Service Telkomsel Ambon, I Wayan Widasta, mengatakan ada beberapa catatan mengenai keluhan listrik terutama di Namrole. 


Hal ini menurutnya, diperlukan kolaborasi dengan Balai Jalan, dikarenakan fiber optik yang sering putus dikarenakan ada pekerjaan jalan.


Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Kominfo, sehingga kondisi jaringan semuanya bisa teratasi sebelum pelaksanaan Pilkada.


"Kami bersama Kominfo berusaha untuk mengusulkan site-site, jadi kominfo punya project agar pemerataan secara komunikasi lebih mantap di provinsi Maluku," cetusnya. 


Pihaknya sementara ini memprioritaskan untuk daerah yang belum 4G terutama di SBT, di Geser.


"Sekarang masih dalam tahap pembangunan yang saat ini sudah mencapai 50 persen, berkaitan pembangunan satu Repiter tower setinggi 90-menter di pulau parang," tandasnya.


Pada prinsipnya, kata dia Telkomsel mendukung proses pilkada, karena kehadiran Telkomsel untuk masyarakat Maluku.

Dewan 5121150639083192524
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks