Ketua KPU Bursel Akui Belum Ada Calon Bupati Masukan SK Pengunduran Diri | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ketua KPU Bursel Akui Belum Ada Calon Bupati Masukan SK Pengunduran Diri


NAMROLE - BERITA MALUKU.
Ketua KPUD Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Syarif Mahulauw mengaku belum ada bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati yang memasukan SK pengunduran diri.


Menurutnya, masing-masing calon saat ini sedang berproses untuk pengusulan pengunduran diri dari ASN maupun instansi lain. Sementara batas waktu memasukan SK pengunduran diri 30 hari sebelum dilakukan pemungutan suara.


"Mereka sedang mengurus sekarang, mereka sementara mengurus. Kalau tanya satu-satu tanyakan saja di mereka (kandidat)," ujar Mahulauw, Rabu (16/9).


Kata Mahulauw, tahapan saat ini masih dalam tahap perbaikan. 


Ia mencontohkan, salah satu kandidat Wakil Bupati, Gerson Eliezer Selsily telah menyampaikan ke KPU bahwa sedang dalam proses pengusulan untuk diberhentikan sebagai anggota DPRD Kabupaten Buru Selatan.


"Misalkan kemarin seperti pak Gerson Selsily, sudah sampaikan bahwa mereka sedang dalam proses pengusulan untuk di berhentikan sebagai anggota DPRD," jelas Mahulauw.


Selain Gerson, salah satu kandidat calon Bupati, Abdurrahman Soulisa dan Ellisa Lesnussa kandidat wakil bupati juga sedang dalam proses.


Ditanya kapan batas waktu memasukan surat pengunduran ke KPU, Mahulauw menjelaskan, jika surat pengunduran diri itu sudah ada maka dirinya persilahkan masing-masing memasukan ke KPU.


"Tetapi, diatur itu, bahwa 30 hari sebelum pemungutan suara, SK pemberhentian baik sebagai anggota DPRD maupun ASN, itu sudah harus ada di KPU," tegas Mahulauw.


Mahulauw menambahkan, SK pengunduran diri itu diatur untuk seluruh calon seperti disebutkan oleh PKPU di provinsi masing-masing.


Diketahui, Abdurrahman Soulisa adalah ASN sebagai calon Bupati, Elissa Lesnussa (ASN) sebagai calon wakil Bupati, Zainudin Booy (direktur PT Bipolo Giding) sebagai calon wakil bupati, sementara Gerson Selsily, anggota DPRD sebagai calon wakil bupati. (AZMI)

Daerah 5806926534792217693
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks