Bupati Tanimbar Minta Dual Hal Penting Ini Kepada Menkes | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Tanimbar Minta Dual Hal Penting Ini Kepada Menkes

SAUMLAKI - BERITA MALUKU. Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon meminta dua hal penting ini kepada Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto, yakni pengadaan ventilator dan kelengkapan peralatan kesehatan (Alkes) untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) P. P. Magretti Saumlaki.

Permintaan ini tentunya berkaitan dengan upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus mencegah covid-19 yang kini sementara mewabah di tanah air.

Permintaan Bupati ini diutarakan ketika melakukan Video Conference dengan Menkes yang dilakukan dari kediaman Bupati, Senin (6/7/2020).

Orang nomor satu Tanimbar ini mengatakan bahwa kabupaten yang dipimpinnya sangat membutuhkan ventilator dan kelengkapan peralatan kesehatan di rumah sakit tersebut, mengingat RSUD ini merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Kemudian, Bupati Fatlolon juga mengungkapkan dengan alasan sebagai rumah sakit rujukan, maka rumah sakit ini mendapat bantuan dari Kemenkes tahun 2020 untuk pengembangan RSU Ukurlaran. Dengan demikian, dirinya berharap dan meminta Menkes Terawan untuk pada tahun anggaran 2021 mendatang, bisa terus melanjutkan bantuan tersebut.

"Kita butuh dukungan anggaran untuk rumah sakit, karena tidak hanya untuk penanganan Covid-19, tetapi menyongsong beroperasinya Blok Masela. Tanimbar sebagai pusat pengembangan LNG Gas Alam Abadi," ucapnya di depan Menkes lewat media daring.

Menanggapi hal itu, Menkes Terawan berjanji akan mengecek kembali terkait bantuan anggaran tersebut. Lantaran, saat ini pihaknya baru mengecek anggaran. Namun dia memastikan bahwa anggaran tersebut harus tersedia.

"Untuk Tanimbar, kita perhatikan ya. Kami bersyukur Bappenas telah ijinkan untuk rancangan tahun ini tentang Fakultas Kedokteran. Intinya 50 persen anggaran akan kita fokus ke sini dan akan diberikan," tandas Menkes. (ys)
Tanimbar 2197274327948039697
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks