Masih Ada Mafia Pendidikan Didalam Peningkatan Kualitas SDM Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Masih Ada Mafia Pendidikan Didalam Peningkatan Kualitas SDM Maluku

MENURUNNYA sebuah kualitas SDM disebabkan beberapa faktor, salah satu faktor domain ialah pendidikan. Inilah yang terjadi di Maluku saat ini, padahal di satu sisi pendidikan merupakan salah satu penyokong dalam meningkatkan kualitas SDM.

Secara Historis Kemajuan dan Kualitas Pendidikan di Maluku sudah muncul sejak zaman Hindia Belanda hingga Pasca Kemerdekaan Indonesia, bahkan hingga di tahun 90-an Maluku masih dapat melahirkan SDM-SDM yang berkualitas, dibandingkan saat ini kualitas pendidikan Maluku hanya dapat menduduki peringkat 32 dari 34 Provinsi di Indonesia.

Didalam upaya untuk memulihkan ini semua dibutuhkan tanggungjawab dari seorang Gubernur sebagai kepala pelaksana pemerintahan di tingkat provinsi sebagaimana diamanatkan didalam konstitusi.

Walaupun dalam upayanya Gubernur telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku, akan tetapi Provinsi Maluku masih sangat ketertinggalan di sektor pendidikan akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam merealisasikan serta mengimplementasikan program-program dan kebijakan tersebut.

Beberapa program serta kebijakan yang dibuat oleh gubernur untuk menyokong kuallitas sumber daya manusia salah satunya berupa beasiswa.

Salah satu program beasiswa yang menarik perhatian saya ialah pemberian Beasiswa kepada putra-putri Maluku untuk mengambil Teknik Geologi bekerja sama dengan Unpad Bandung, dengan dalih mempersiapkan tenaga kerja untuk Blok Masela.

Menurut Pandangan saya program tersebut merupakan salah satu program yang menguntungkan para mafia pendidikan, sebab tidak adanya keterbukaan informasi bagi pendaftar calon penerima beasiswa. Kedua, tidak ada transparansi kuota pembagian jatah di tiap-tiap kabupaten/kota di Maluku. Dan yang terakhir saya temukan ialah penerima bantuan beasiswa hampir kebanyakan orang tuanya bekerja di Lingkungan SKPD Provinsi Maluku dan memiliki keterikatan dengan para birokrasi di Lingkungan SKPD Maluku.

Dalam meningkatkan serta mempersiapkan kualitas SDM Maluku terhadap Blok Masela, seharusnya Pemprov jeli melihat kebutuhan disuatu sektor pertambangan, bukan hanya Teknik Geologi, akan tetapi membutuhkan Teknik Lingkungan, Eksplorasi, dsb.

Dan seharusnya pemprov Maluku memberikan beasiswa kepada putra-putri Maluku yang sedang mengambil jurusan pertambangan di luar Maluku selain di Unpad.

Dengan demikian, saya meminta kepada Gubernur Beserta Anggota DPRD Provinsi Maluku agar dapat mengevaluasi serta menginvestigasi pelaksanaan program tersebut sehingga kedepannya program tersebut dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan Kebutuhan Daerah.

Ditulis oleh: Muhammad Ali Suneth
Pemerhati Sosial
Artikel 6034593243399248360
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks