Dinas Pendidikan Tanimbar Monitoring Kegiatan ‘Home Studing’ | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Dinas Pendidikan Tanimbar Monitoring Kegiatan ‘Home Studing’

SAUMLAKI - BERITA MALUKU. Perhatian khusus bagi para siswa-siswi sekolah terdampak pandemi covid-19 yang selama ini melakukan belajar di rumah (Home studing), maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akan melakukan monitoring langsung pada kecamatan dan desa-desa se-Tanimbar guna memastikan instruksi kepada para guru dan kepala sekolah melaksanakan fungsi kontrol terhadap waktu belajar anak didik di rumah.

Monitoring kegiatan home studing yang dilakukan langsung oleh dinas tersebut dilakukan hari ini, Selasa 28 April 2020.

"Kita monitoring dan evaluasi, apakah program belajar di rumah dan berbagai imbauan itu dijalankan atau tidak," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Herry Lerebulan kepada wartawan.

Lerebulan mengakui, untuk program belajar lewat TVRI yang digalakan oleh Pemerintah Pusat, untuk wilayah Tanimbar dianggap kurang efektif. Pasalnya, tidak semua kecamatan di wilayah ini, listrik 24 jam terlayani. Kemudian untuk program belajar lewat internet, itu tidak mungkin, sebab jaringan internet selain lelet tetapi juga belum menjangkau semua pelosok Tanimbar.

"Sekarang belajar lewat pemberian tugas dari guru kepada siswa. Ini lebih efektif, tetapi membutuhkan kontrol kita semua, bukan cuma guru dan dinas pendidikan saja," tandasnya.

Meski dirinya mengakui, anggaran yang dimiliki dinas sangat tidak mendukung untuk melakukan kegiatan monitoring ini, namun semangat dan komitmen pihaknya di dinas untuk pengembangan kualitas pendidikan di Bumi Duan Lolat, sehingga dengan dana pribadi, baik selaku kepala dinas, sekretaris dinas dan kepala-kepala bidang, akan digunakan untuk melakukan kontrol tersebut.

Ditambahkan Sekretaris Dikbud Kace Fatlolon, dukungan orang tua dalam mengawasi anak di rumah saat jam belajar, jauh lebih efektif ketimbang semua diserahkan tanggungjawabnya kepada para guru. Sebab menurut dia, peran orang tua lebih dominan.

"Dalam kondisi wabah covid-19 ini, jika ada penilaian pihak lain bahwa belajar dirumah belum maksimal, kita realistis saja memang belum maksimal. Tetapi dinas sudah berbagai cara upayakan, tanpa anggaran saja, kita turun untuk monitoring dan evaluasi," ungkap Fatlolon. (ys)
Tanimbar 4820970731281828280
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks