Presiden Cek Kesiapan Pemda Dalam Pencegahan Covid-19 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Presiden Cek Kesiapan Pemda Dalam Pencegahan Covid-19

AMBON - BERITA MALUKU. Presiden RI, Joko Widodo melakukan rapat terbatas dengan semua pimpinan daerah dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), melalui teleconference yang dimulai sejak pukul 10.00.

Dalam rapat tersebut, ada delapan kepala daerah yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesiapan pemda dalam menanggulangi penyebaran virus yang sudah tersebar di 189 negara ini.

Namun sayangnya dari delapan kepala daerah tersebut, Gubernur Maluku, Murad Ismial tidak diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai hal yang telah disiapkannya termasuk kebijakan pemda dan tim satuan gugus tugas, terkait selama ini yang telah dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di bumi raja-raja ini.

Hanya saja, dari teleconference tersebut, kepada awak media, Gubernur Murad Isamil mengutarakan ada tujuh point yang menjadi penekanan Presiden kepada seluruh kepala daerah, yaitu satu, keselamatan dan kesehatan.

Dua, jaringan pengamanan sosial atau bantuan sosial kepada masyarakat yang betul-betul terdampak Covid-19.

"Barusan kita rapat dengan Kepala Dinas Sosial bagaimana bantuan sosial diberikan kepada masyarakat-masyarakat miskin yang betul-betul terdampak," ujarnya.

Ketiga, segera menghitung dampak ekonomi akibat penanganan dan pencegahan covid-19, sehingga penyediaan stok pangan selalu ada.

Keempat, Presiden menegaskan tidak ada kebijakan lockdown, karena setiap negara mempunyai karakteristik wilayah berbeda dan kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak sosial atau social distancing sesuai budaya lokal daerah masing-masing.

Kelima, memangkas anggaran yang tidak prioritas baik dari APBN maupun APBD untuk bantuan sosial.

Keeenam, melaksanakan program padat karya tunai. Dan ketujuh, memperhatikan pekerja harian yang kehilangan pekerjaan. Sedangkan usaha mikro kecil memengah (UMKM) yang berdampak agar melakukan penundaan cicilan selama 1 tahun suku bunga.

Sementara dari Wakil Presiden, Ma'aruf Amin, kata Mantan Dankor Brimob Polri ini, ada tiga point yang disampaikan, yaitu melibatkan tokoh-tokoh agama, perketat penyeberan dan memperhatikan lansia.

Ditanya mengenai Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMP dan SD, apakah dibicarakan dalam rapat tersebut, menurutnya setelah ini akan ada rapat lanjutan Presiden dengan Menteri Pendidikan untuk membicarakan ini, termasuk libur sekolah, apakah diperpanjang atau bagaimana.
Pemprov 4409125279723633318
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks