Ruang Bidang Infrastruktur BPN Maluku Terbakar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ruang Bidang Infrastruktur BPN Maluku Terbakar

AMBON - BERITA MALUKU. Ruang Bidang Infrastruktur Badan Pertanahnan Nasional (BPN) Provinsi Maluku dilalap si jago merah.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Jumat (10/01/2020), sekitar Pukul 14.30 WIT. Diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik yang berada pada bagian plafon ruangan Bidang Pengukuran Invrastruktur Pertanahan Provinsi Maluku.

Menurut keterangan saksi Wahyuni Nifinluri (23), yang merupakan pegawai Badan Pertanahan Kota Ambon, menerangkan bahwa awalnya saat itu saksi bersama rekan-rekannya sementara berada dalam bangunan kantor Balai Pertanahan Kota Ambon yang berpapasan langsung dengan Ruangan Bidang Pengukuran Invrastruktur Pertanahan Provinsi Maluku.

Ia melihat gumpalan asap hitam yang sangat tebal keluar melalui Plafon pada ruangan tersebut, sehingga saksi dan beberapa rekannya langsung memberitahukan kejadian tersebut kepada pegawai yang lain agar segera menghubungi pihak pemadam kebakaran. Serta beberapa pegawai lainnya segera berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan berusaha mengamankan dokumen-dokumen penting lainnya.

Saksi lainnya, Willem Lopes (57) menjelaskan bahwa pada saat kejadian, saksi berada di gedung utama, tiba-tiba saksi mendengar suara sirene mobil Damkar, saksi langsung mengecek ternyata pihak Damkar sudah memecahkan kaca Ruangan Bidang Pengukuran Infrastruktur Pertanahan Prov Maluku, untuk melakukan pemadaman api.

Pukul 14.47 WIT, Pihak PLN Rayon Kota Ambon tiba di TKP dan langsung memutuskan aliran listrik di sekitar TKP.

Selanjutnya pada pukul 14.45 WIT, 4 Unit Damkar,1 Unit Mobil Tangki Air PMI,1 Regu Unit PRC Polresta Ambon dan Pers Sek Sirimau tiba di TKP dan membantu memadamkan kobaran api. Sehingga pada pukul 15.15 WIT. Kobaran api berhasil dipadamkan.

Kerugian material dari peristiswa ini, yaitu satu Unit Komputer, dua buah Scanner, dua buah Printer merk Canon, dua Unit AC, Keseluruhan hangus terbakar, kerugian di perkirakan puluhan juta rupiah.

Untuk sementara dokumen-dokumen pada ruangan Bidang Pengukuran Invrastruktur Pertanahan Provinsi Maluku telah diamankan pada Ruang Aula Kanwil BPN Provinsi Maluku.

Hukrim 7552040090518890725
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks