Komisi IV Sampaikan Aspirasi ke Kementerian DPDTT | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Komisi IV Sampaikan Aspirasi ke Kementerian DPDTT

AMBON - BERITA MALUKU. Ada sejumlah permintaan yang disampaikan Komisi IV DPRD Provinsi Maluku yang menyampaikan aspirasi masyarakat Maluku ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) di Jakarta, Rabu (4/12).

Saat kegiatan penyampaian aspirasi itu, Komisi IV juga mengusulkan kegiatan penguatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di Provinsi Maluku untuk tahun 2020.

Kepada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Wahyu, Komisi IV meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mengevaluasi modeling monitoring Dana Desa (DD). Selain itu, manajemen pendampingan juga harus mempertimbangkan geografis daerah gugus pulau di Maluku.

"Kami juga minta ada penambahan quota Pendamping Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) di Maluku terutama daerah terluar dan terjauh. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi juga harus menghitung kembali biaya operasional bagi pendamping lokal desa, yang tidak sesuai dengan kondisi operasional daerah terluar dan terjauh di Provinsi Maluku," kata Wakil Ketua Komisi IV saat menghubungi wartawan, di Ambon, Kamis (5/12).

Pihaknya, kata Hurasan, juga meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk meningkatkan anggaran program peningkatan kapasitas aparatur desa, dan program pelatihan manajemen Badan usaha milik desa.

"Jadi kami (Komisi IV) bertemu dengan Pak Wahyu, sebagai Kasubag Organisasi dan Tata Laksana. Nah, setelah berkomunikasi dengan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pak Taufik, maka semua usulan dari Maluku akan ditindaklanjuti di tahun 2020 lewat program kemendes," kata dia.

Dari data yang diterima pihaknya, menurut Hurasan, honor PLD sebesar Rp 1.851.923. Sementara biaya operasional PLD sebesar Rp 413.000-Rp 672.000.

"Olehnya itu, komisi minta skema pembiayaan Rp1.5 juta-Rp 2.5 juta bagi pendampingan daerah terluar dan terjauh. Ada total sekitar  624 orang pendamping aktif di Maluku. Nah, untuk itu komisi mendorong menambah quota pendampingan di Maluku ditambah 250 orang, drngan target setiap desa terluar dan terjauh, 1 desa 1 pendamping, dehingga dapat merata tersebar di seluruh desa di Maluku yang jumlahnya 1.198 desa," tandas Hurasan.
Dewan 5051919307501648763
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks