474 Peserta Mudik Gratis Tujuan KKT, Dilepas Wagub Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

474 Peserta Mudik Gratis Tujuan KKT, Dilepas Wagub Dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

AMBON - BERITA MALUKU. Sebanyak 474 peserta mudik gratis tujuan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), dilepas Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (16/12/2019).

Mudik gratis perdana ke KKT, menggunakan KM Sabuk Nusatara 72, dengan rute Ambon, Molu, Larat, Rumyaan, Tutukembung, Saumlaki.

Pelepasan mudik gratis ini dirangkai dengan apel siaga posko terpadu angkutan Natal 2019 dan Tahun baru 2020, dan penyerahan life jacket kepada penumpang mudik gratis, yang berlangsung dipelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Malukuk, mengatakan, layanan mudik gratis tahun 2019, pemda provinsi Maluku melalui dinas perhubungan, meyediakan sekitar 8000 tiket bagi para penumpang baik yang menggunakan angkutan perintis, kapal cepat serta angkutan penyeberangan (feri).

Menurutnya, penyelenggaraan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 memiliki dimensi sosial yang cukup luas.

Untuk itu, ia berpesan agar petugas di lapangan dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kelancaran dan pelayanan angkutan baik angkutan laut darat dan udara.

"Kepada para petugas lapamgan yang akan memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat. Bagi masyarakat Maluku yang akan melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman untuk merayakan nataru, saya menitipkan pesan agar mejaga diri dalam perjalanan dan mendengarkan arahan-arahan petugas agar dapat tiba dikampung halaman dengan baik, sampaikan salam hormat saya dan Gubernur kepada masyarakat KKT," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Angky Papilaya, mengatakan, untuk mudik gratis ini pemprov Maluku telah menyiapkan kapal perintis, kapal penyebrangan, kapal cepat, yang mulai berlangsung dari tanggal 16-23 Desember.

Untuk mudik gratis ini, pihaknya telah menyediakan 7 unit kapal perintis, 5 unit kapal penyebrangan, 2 unit kapal cepat.

Untuk Jadwal pelayanan angkutan mudik gratis, jelasnya 16 Desmeber dengan KM Sabuk Nusantara 71 pelabuhan terkahir di Saumlaki, tanggal 17 desember dengan KM Nusantara 34 menuju wilayah KKT dan MBD, KM Sabuk Nusantara 106 menuju wilayah SBT, Tual, Malra dan malteng dan KM Sabuk Nusantara 103 menuju Tual, Malra, Tanimbar dan MBD.

Kemudian pada tanggal 18 Desember 2019, dengan KM Sabuk Nusantara 87 menuju wilayah Malteng dan MBD, tanggal 19 Desember 2019, dengan KM Sabuk Nusantara 71 tujuan MBD, Tanimbar dan Tual, tanggal 23 Desenber 2019 dengan KM Sabuk nusantara 72 menuju wilayah Buru Selatan.

Sementara mudik gratis dengan kapal cepat, pada tanggal 19 Desember 2019 dengan KM Intim Teratai tujuan Ambon - Namrole - Leksula yang dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja.

Tanggal 20 Desenber 2019 dengan KM Ekspres Pricilia 99, tujuan Tulehu- Amahai dan KM Ekspres Santika 99 tujuan Tulehu - Haria.

Pada tanggal 21 Desmer denga KM Cantika Tropedo Tulehu - Amahai Tulehu - Haria.

Untuk mudik gratis dengan kapal penyebrangan dari, kata Papilaya berlangsung dari tanggal 20 Desember 2019, dengan lintasan penyebrangan Hunimua -Waipirit, dari pukul 06.00-21.00. dan Tanggal 21 Desember 2019 KM Samandar melayari lintasan Waai - Uneputty - Nalahia dan Masohi.

Ditanya terkait angkutan Natal dan Tahun baru, jelasnya, ada 22 kapal perintis laut yang terbagi dalam 3 pelabuhan pangkalan, pelabuhan Ambon 8 kapal, pelabuhan Tual 6 kapal, pelabuhan Saumlaki 8 kapal. 10 kapal PT Pelni, 8 kapal melayani Maluku ditambah 2 kapal tambahhan. 9 kapal cepat milik swasta, 21 unut kapal penyebrangan, 1 kapal negara milik navigasi Ambon sebagai kapal cadangan jika diperlukan.

Sedangkan angkutan darat, angkutan antar kota dalam provinsi, ulasnya, untuk angkutan perdesaan ditiap-tiap kabupaten, serta angkutan perintis Damri sebanyak 27 bus, yang melayani trayek di pulau Ambon, Seram, Yamdena, Buru dan Malra.

Sedangkan, angkutan udara berupa penerbangan perintis, komersial dalam wilayah Maluku, serta penerbangan nasional yang dilayani oleh enam perusahaan penerbangan.
Natal 519091360004273228
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang