PKK Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

PKK Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

NAMROLE - BERITA MALUKU. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan Safitri Malik Soulisa (SMS) menegaskan bahwa, PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga.

Hal itu ditegaskan oleh SMS pada sambutannya pada acara pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Kepala Madan masa bhakti 2016-2021.

Pelantikan berlangsung di Kantor Kecamatan Kepala Madan di Desa Biloro, Rabu kemarin (30/10).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tagop Sudarsono Soulisa, Ketua DPRD Bursel Muhajir Bahta, Camat Kepala Madan Masri Mamulaity, pimpinan TNI/Polri, pimpinan OPD lingkup Pemkab Bursel, para Kades Kecamatan Kepala Madan serta para TPPKK Kecamatan dan Kabupaten.

"PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga," sebut Safitri.

Safitri menjelaskan, PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawa dengan wanita khususnya para ibu sebagi penggerak.

Dikatakan tujuan utama PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtra, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

"Apabila semua keluarga suda dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang
Sejahtra dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat sejahtra pula," jelas Safitri Malik.

Bakal calon bupati Bursel ini katakan juga bahwa, yang menjadi tantangan adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistentinya.

"PKK dengan 10 program pokoknya, yakni penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong
-royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis," urai Safitri.

Dikatakan juga bahwa, jika 10 program PKK suda membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh, tidak hanya fokus pada kesejahtraan. Namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan pendudukan dengan KB, melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi.

Visi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtra untuk menuju masyarakat madani. Yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratif dan sadar hukum.

"Denga visi tersebut setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyaraka madani.

Diketahui, Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik oleh Safitri Malik yakni I.Mamulaity adalah istri Camat setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Mamulaity sebagai Bunda PAUD Kecamatan Kepala Madan. Dilanjutkan dengan pelantikan TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan oleh Mamulaity selaku istri Camat Kepala Madan Kabupaten Buru Selatan. (AZMI)
Daerah 960034311560309691
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang