Lantamal IX Berikan Materi Chamber Hiperbarik dan Uitemate Kepada Mahasiswa Kedokteran Unpatti | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Berikan Materi Chamber Hiperbarik dan Uitemate Kepada Mahasiswa Kedokteran Unpatti

AMBON - BERITA MALUKU. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memberikan pembekalan kepada 56 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti). Materi yang disampaikan tentang Chamber Hiperbarik dan cara bertahan hidup di Laut (Uitemate).  Kegiatan bertempat di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX, Jumat (12/07/2019).

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa karena sebagian besar wilayah Provinsi Maluku adalah lautan dan banyak masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, maka sangat penting bagi mahasiswa mengetahui dan mempelajari kesehatan kelautan dan kepulauan.

Karumkital dr.  F. X.  Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K)  Ali Setiawan,  Sp. B., menambahkan  bahwa ketika menuntut ilmu mahasiswa harus mempunyai semangat untuk belajar dan cinta akan laut, karena wilayah Provinsi Maluku adalah lautan, sehingga pengetahuan tentang kesehatan kelautan dan kepulauan harus dipahami sedari dini.

Oleh karena itu, seluruh mahasiswa kesehatan harus mempunyai kemampuan berbasis kompetensi dan siap bekerja di lapangan.

Pada kesempatam tersebut,  selaku pemberi materi Chamber Hiperbarik Lettu Laut (K) Cahyo,  sedangkan pemberian materi cara bertahan hidup di laut (Uitemate) Kapten Laut (K)  Agus Wijaya.

Dalam materi Chamber Hiperbarik diberikan pembelajaran tentang fungsinya yaitu sebagai salah satu metode pengobatan yang dilakukan dengan cara memberikan oksigen murni di dalam ruangan khusus bertekanan udara tinggi, untuk dihirup pasien.

Terapi oksigen hiperbarik dilakukan di ruangan khusus yang dapat meningkatkan tekanan udara hingga tiga kali tekanan atmosfer normal. Peningkatan tekanan udara di dalam ruangan hiperbarik ini menyebabkan paru-paru pasien menyerap oksigen lebih banyak dari biasanya, sehingga dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit khususnya penyakit penyelaman.

Selain itu, pada materi Uitemate Mahasiswa diberikan pelajaran tentang bagaimana mengatasi apabila terjadi kecelakaan transportasi laut sehingga teknik ini dapat digunakan dengan mengapung dan menunggu (Uitemate) sampai menunggu bantuan yang datang. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 3008099918502659624
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks