Pemprov Maluku Upaya Trans Maluku Masuk RPJMN 2019-2024 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Upaya Trans Maluku Masuk RPJMN 2019-2024

Ilustrasi
AMBON – BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi Maluku sementara ini lagi mengupayakan agar program Trans Maluku masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019-2024.

“Saat ini Badan Perencanaan Pembanguna Daerah sementara dorong ini ke Bappenas, mudah-mudahan bisa masuk dalam RPJMN 2019-2024,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu kepada awak media di kantor Gubernur, Selasa (19/3).

Dikatakan, upaya ini dilakukan agar dalam pendanaan bisa lebih maksimal lewat APBN pemerintah pusat baik melalui Kementerian PUPR maupun Kementerian Perhubungan.

Dijelaskan, trans Maluku merupakan konektivitas antara jalan darat dengan jalan penerbangan dengan panjang 1500 kilometer, yang sudah ditetapkan dalam peraturan Gubernur.

Lanjutnya, Trans Maluku terdiri dari 12 gugus pulau, mulai dari gugus 1 di pulau Buru, gugus 2 di Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Seram Selatan dan berakhir di pulau pulau terselaan Maluku Barat Daya, yang merupakan gugus 12.

“Mudah-mudahan upaya ini bisa berjalan dengan baik, sehingga masuk dalam RPJMN,” ucapnya.

Untuk, progres jalan di Maluku untuk kemantapan jalan nasional sudah mencapai 90 persen mantap, namun untuk kemantapan jalan provinsi dan kabupaten masih sekitar 45 persen yang mantap.

Untuk itu, pihaknya sudah mengusulkan peningkatan status jalan 1700 kilometer melalui surat Gubernur ke Kementerian PUPR untuk peningkatan status jalan ini. Sehingga dalam pelaksanaannya bisa dibiayai langsung APBN, dikarenakan keterbatasan anggaran daerah.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam hal ini bidang pengusulan peningkatan status jalan dan kita harapkan bisa terealisasi di tahun 2020,” tuturnya.
Pemprov 1730044498478327627
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang