Bupati Bursel Lantik Kades Labuang | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Bursel Lantik Kades Labuang

NAMROLE - BERITA MALUKU. Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa melantik Kepala Desa (Kades) Labuang terpilih periode 2019-2025, Muhammad Rentua (Mato), berlangsung di aula kantor bupati lama.

Mato dilantik sesuai Surat Keputusan Bupati Buru Selatan Nomor 130/17 Tahun 2019 tentang Pengesahan Pemberhentian Pejabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa Labuang Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel.

Bupati Bursel dalam sambutannya berpesan kepada kades terpilih, agar dapat merangkul para calon kades yang kalah saat berkompetisi denganya dalam memperebutkan kursi orang nomor satu di tingkat pemerintahan desa itu.

“Setelah pelantikan saudara segera melakukan konsolidasi dengan para peserta calon kepala desa yang beberapa waktu lalu melakukan kompetisi dalam pelaksanaan pilkades desa labuang untuk bersama-sama memberikan sumbang pikiran dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tagop di aula Kantor Bupati lama, Selasa (19/2/2019).

Tagop katakan, konsep pembangunan desa yang nantinya tertuang dalam Rencana Pembangunan jangka Menegah (RPJM) Desa membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder untuk memperoleh konsep perencanaan menyeluruh yang aspiratif.

Dikatakan, seiring dengan berlakunya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, saat ini desa memiliki kewenangan mengatur dirinya sendiri menuju kesejahteraan bagi warganya.

Terkait dengan itu,  pemaknaan desa dengan otonomi yang bersifat asli dan berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyrakat berdasarkan asal usul dan adat istiadat desa setempat.

“Selaku kepala desa harus mampu menggali, mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyrakat,” ujar Tagop.

Ditegaskannya, kepala pemerintahan di desa dituntut harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dalam menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di desanya, serta mampu mendorong dan menggerakan partisipasi masyarakat untuk partisipasi serta dalam menjamin keberhasilan pembangunan desa.

Bupati dua periode berharap kepada kepala desa yang baru dilantik ini mampu menjaga netralitas sebagai pucuk pimpinan desa dan tidak terlibat dalam agenda politik yang tinggal menghitung hari ini, sehingga proses politik yang berlangsung di Desa Labuang dapat berjalan dengan baik dan aman.

“ Menghadapi momen politik kali ini saudara harus membantu aparat keamanan dalam menjaga situasi dan kondisi yang aman di desa yang saudra pimpin. Lakukan komunikasi dengan seluruh pihak untuk menjaga kestabilan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat desa labuang agar proses politik dapat berjalan lancar, aman dan terkendali,” tegas Tagop.

Pantauan media ini pada acara pelantikan  itu, dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Bursel, Alfario Soumokil, Kabag Pemerintahan Ridwan Nyio, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bursel, Kapolsek Namrole AKP. Yamin Selayar, Camat Namrole Abas Lesnussa, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama,  Tokoh Adat dan masyarakat Desa Labuang.

Sementara itu, acara pelantikan ini pun terlihat dijaga sejumlah aparat kepolisian Polsek Namrole bersenjata laras panjang mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. (AZMI)
Daerah 3769964082510641855
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks