Masyarakat Bursel Diminta Hormati Pranata Adat dan Pertahankan Kearifan Lokal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Masyarakat Bursel Diminta Hormati Pranata Adat dan Pertahankan Kearifan Lokal

Ayub Saleky
BERITA MALUKU. Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Ayub Saleky menyampaikan, bahwa Kehidupan masyarakat Adat di Pulau Buru Selatan dengan sebuah identitas adat yang dilakukan proses pelantikan Kepala Soa merupakan sebuah Pranata Adat yang harus dihormati, dijaga dan dipertahankan sebagai sebuah kearifan lokal di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bursel, Ayub Saleky pada pelantikan Nikson Tomnusa sebagai Kepala Soa Tumanusa berlangsung di Dusun Kawalale, Desa Namrinat, Kecamatan, Namrole, Kabupaten Bursel, pekan kemarin.

Saleky mengatakan, Adat harus dapat dijaga dan dipertahankan agar tidak hilang dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.

Dikatakan, karena adat merupakan warisan para leluhur yang sudah ada ribuan tahun lalu.

"Adat dan budaya juga perlu dilestarikan agar tidak terhempas dalam kehidupan teknologi dan informasi yang berkembang sekarang ini," Kata Saleky.

Seleky berharap para pemangku adat, terutama kepada para Kepala Soa di Buru Selatan dapat menjadi motor penggerak dalam membangun dan melestraikan nilai dan tatanan adat di masyarakat, sekaligus menjadi panutan dan pengayom masyarakat adat itu sendiri.

Seleky mengungkapkan, Pemangku Adat senantiasa menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah, terkhusus Pemerintah Desa dalam rangka mendorong dan berpartiasipasi aktif dalam proses pembangunan di Masyarakat.

Kepala Desa Namrinat, Viktor Tomanusa,  kesempatan itu berharap proses pelantikan Kepala Soa Tomanusa, semoga dapat memperkuat tatanan adat di Bursel, terkhusus Marga Tomnusa.

"Sebagai Kepala Desa Namrinat tentunya kita akan membangun kemitraan yang baik dengan pemangku adat dalam proses proses pembangunan di Desa," ujarnya.

Viktor Tomnusa juga berharap kepada pemerintah daerah lewat wakil Bupati Buru Selatan yang hadir saat itu agar dapat memperhatikan insentif berbagai tokoh adat di Bursel agar dapat dinaikan, karena setiap tahun mengalami penurunan.

Kegiatan pelantikan ini turut di hadiri Anggota DPRD dari Praksi PDIP, Sami Latbual, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan undangan lainnya. (AZMI)
Daerah 3912594779777996885
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang