| Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BERITA MALUKU - AMBON. Perjuangan Kodam XVI/Pattimura untuk mengangkat kesejahteraan dan membantu masyarakat suku terasing dan komunitas adat terpencil (KAT) Mausu Ane terus berlanjut.

Tahun 2018 ini, Kodam XVI/Pattimura melalui Satgas Khusus Suku Mausu Ane memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni di Maneo Rendah, Dusun Siahari, Desa Maneo, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, beserta sejumlah fasilitas lainnya.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura kepada media ini, Selasa (18/12/2018) menjelaskan, bantuan pembangunan rumah layak huni untuk suku terasing tersebut adalah usulan warga Suku Mausu Ane sendiri yang telah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu sebanyak 14 unit. Tujuh rumah diantaranya telah terpasang atap (seng) dan dinding, pintu dan jendelanya belum terpasang, sementara empat dalam proses pemasangan dinding.

Selain rumah layak huni, juga telah dibangun pengadaan sarana air bersih, bantuan alat rumah tangga, bantuan bibit macam tanaman sesuai kebutuhan masyarakat, kemudian bantuan bahan makanan. Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan dinas-dinas terkait tengah mengusulkan banyak program untuk mengangkat kesejahteraan bagi KAT Mausu Ane.

Rumah itu dibangun untuk ditempati masyarakat Mausu Ane, karena kita tidak ingin mereka hidup nomaden di hutan-hutan lagi, sehingga mereka bisa hidup dengan layak.

Saat ini, jumlah kk yang berada di kamp berjumlah 30, dari Jumlah jiwa total 113, yang sudah turun 84 org/jiwa (berada di kamp) dan yang belum turun (masih di atas) 29 orang.

TNI-Polri 2862459868284404736
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang