Desa Allang Ditetpkan Sebagai Desa Sadar Jamiman Sosial Ketenagakerjaan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Desa Allang Ditetpkan Sebagai Desa Sadar Jamiman Sosial Ketenagakerjaan

BERITA MALUKU. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Maluku menetapkan Allang, sebagai Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kemarin saya ke desa yang berada di Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah itu, untuk ditetapkan sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Maluku, Alias Muin, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu model komunikasi dan edukasi yang diterapkan, dengan membentuk desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dengan harapan, informasi terkait BPJS Ketenagkerjaan bisa sampai ke desa-desa untuk mengkover Pekerja informal yang ada di desa.

Terlepas dari hal tersebut, jelasnya, BPJS Ketenagakerjaanjuga ada sistem Penggerak jaminan sosial Indonesia (Perisai), yang dilakukan untuk mencakup masyarakat yang ada di pelosok. Dimana sistem ini bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Latuhalat kita sudahkerjsama dengan BUMDES sebagai kantor Perisai untuk perekrutan, begitunya di desa Allang," ucapnya.

Kata Muin, upaya ini dilakukan agar masyarakat bisa teredukasi dan memahami secara baik sistim Jaminan ketenagakerjaan. Bukan hanya sekedar untuk membayar.

"Kalau dari sisi iuran, petani dan nelayan kita sangat mampu untuk membayar hanya Rp16.800 untuk pekerja informal. Tetapi bagaimana menyediakan akses layanan, seperti pedagang rujak Natsepa, dimana petugas datang langsung ke lokasi. Kasihan kalau masyarakat harus meninggalkan jualannya. Begitu juga masyarakat yang mau membayar namun belum memiliki ATM, dimana mereka bisa membayar dengan tunai kepada petugas, untuk dibayar secara langsung menggunakan ATM petugas," tuturnya.

Padahal, untuk pembayaran tidak lagi menerima secara tunai, mengingat dalam pelaksanaan BPJS selaku penyelenggara jaminan ketenagakerjaan sudah governance, tidak ada lagi penerimaan secara tunai, semuanya melalui mekanisme secara perbankan.

Walaupun demikian, BPJS ketenagkerjaan senantiasa melakukan berbagai kegiatan, agar seluruh pekerja di Maluku, benar-benar bisa terlindungi dengan program BPJS ketenagakerjaan.

Aneka 1320022511551718704
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang