Sasakawa: Maluku Termasuk Daerah Penderita Kusta Terbanyak Di Indonesia | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sasakawa: Maluku Termasuk Daerah Penderita Kusta Terbanyak Di Indonesia

BERITA MALUKU. Dari 34 provinsi, Maluku merupakan salah satu daerah yang termasuk penderita kusta terbanyak di Indonesia.

"Di seluruh Indonesia, penderita kusta sangat banyak ada di Maluku," kata Ketua Lembaga Nippon Foundation, Japan Yohie Sasakawa, usai workshop percepatan pencapaian eliminasi kusta di provinsi Maluku dan kunjungan WHO Gutwil ambasador for leprosy programe, yang juga dihadiri Gubernur Maluku, Said Assagaff, diruanh rapat lantai II, kantoe Gubernur, Kamis (4/10/2018).

Menurut Sasakawa, tingginya penderita kusta di Maluku, karena masih ada banyak masyarakat yang menutupi penderitannya. Padahal obat yang disediakan untuk mengobati penyakit tersebut didapat secara mudah dan gratis.

"Selain menutupi penderitannya, ada banyak Masyarakat Maluku yang masih menganggap penyakit kusta adalah kutukan atau hukuman dari Tuhan," ucapnya.

Untuk itu, selaku duta WHO Gutwil ambasador for leprosy programe, dirinya terus menggandeng pemerintah dan instusi terkait memberi penyeluhan dan edukasi tentang penyakit kusta, yang sudah berjalan kurang hampir 40 tahun.

Menurutnya, pengentasan kusta harus dilakukan secara intersektor, bukan hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kabupaten/kota, tetapi seluruh elemen masyarakat.

"Saya kira, Gubernur telah memberikan perhatian serius untuk pengentasan penyakit kusta di Maluku dan hal ini didukung semua pihak, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat supayaberbuka diri melakukan pengobatan," ungkapnya.

Dirinya menargetkan di tahun 2030 Maluku dan secara luas Maluku sudah bebas Kusta.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Said Assagaff mengakui, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat selama.ini belum berjalan maksimal, dikarenakan tekendala sarana prasarana, sumber daya manusia, serta informasi, sehingga menyebabkan pusat pelayanan kesehatan masih terbatas.

Dijekaskan, sampai saat ini terdapat 344 penderita kusta yang sedang mendapat pengobatan dan ini masih jauh dari target nasionan untuk 1/1000 penduduk.

Dirinya berharap dengan ketebtasan sarana prasarana, sumber daya manusia dan informasi tidak membuat kita hilang semangat, untuk tetap berupaya semkasimal, untuk memberikan pelayanan kepada penderita kusta sehingga bisa mencapai target nasional.

"Kita butuh kerja keras, kesabaran serta pendekatan kepada masyarakat untuk melakukan pengobatan," cetusnya.
Pemprov 1050621521846337298
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks