Peringati HUT TNI AL ke 73, Lantamal IX Gelar Upacara dan Ziarah | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Peringati HUT TNI AL ke 73, Lantamal IX Gelar Upacara dan Ziarah

BERITA MALUKU. Dalam rangka memperingati Hari Jadi TNI Angkatan Laut yang ke 73 tahun 2018, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar upacara di Lapangan Apel Mako Lantamal IX dan selanjutnya melaksanakan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha Kota Ambon, Senin (10/09/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini.

Lebih lanjut disampaikan, tema yang diambil pada peringatan kali ini yaitu "Bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut". Makna dari tema tersebut adalah, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan jati diri sebagai bangsa Maritim yang berjaya di laut.

Selain itu di katakan, Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan Maritim baik di wilayah Perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Di akhir amanatnya, KASAL berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut untuk di pedomani dan dilaksanakan diantaranya sebagai berikut, Pertama, pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kedua, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selanjutnya yang Ketiga, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disertai kerelaan berkorban dan integritas yang tinggi dalam setiap pengabdian kita kepada rakyat, bangsa dan Negara.

Keempat, pelihara Alutsista yang dipercayakan negara dengan baik, agar tetap dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal, dan utamakan prinsip Zero Accident serta terapkan Risk Management pada setiap pelaksanaan tugas.

Dan yang Kelima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan lingkungan strategis yang selalu bergerak dinamis, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang dapat merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Pada rangkaian upacara yang berlangsung khidmad itu dilaksanakan pemberian penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Kesetiaan VIII, XVI dan XXXII tahun kepada prajurit Lantamal IX. Upacara juga diikuti oleh Para Asisten Danlantamal IX, Para Kadis Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama Lantamal IX dan Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon serta PNS Lantamal IX.

Usai pelaksanaan upacara di Mako Lantamal IX, seluruh personel militer Lantamal IX, Yonmarhanlan IX dan PNS Lantamal IX melaksanakan Ziarah Nasional ke TMP Kapahaha, Kota Ambon. Ziarah juga diikuti oleh Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III dan Pengurus serta Anggota Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III. (DISPEN LANTAMAL IX)
Reactions: 
TNI-Polri 2124492635023382276

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang