HUT GPM Ke -83, Wagub Harapkan Peran Gereja Sebagai Agen Perdamaian | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

HUT GPM Ke -83, Wagub Harapkan Peran Gereja Sebagai Agen Perdamaian

BERITA MALUKU. 6 September 2018, seluruh umat Kristen Protestan baik di Provinsi Maluku dan Maluku Utara yang berada dalam naungan Gereja Protestan Maluku (GPM) merayakan HUT GPM ke-83. Artinya lahir sepuluh tahun sebelum Negara Indonesia ini merdeka.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, dalam semangat kebangsaan, GPM turut berperan dalam mengusahakan kemerdekaan itu. Tema perayaan syukur hari ulang tahun ke-83 GPM adalah, “Gereja Bersyukur: Mencintai Kebenaran dan Damai”.

Menurut dia, tema ini menegaskan peran gereja sebagai agen atau duta kebenaran dan perdamaian. Tema ini sekaligus mengajak seluruh warga gereja untuk menjadi agen-agen perdamaian.

"Damai jangam hanya dimaknai tidak ada konflik. Melainkan bagaimana kita sebagai umat GPM menjadi agen dan contoh dalam kehidupan bertoleransi yang baik dengan berbagai macam orang," tandasnya.

Dengan momen HUT ini pula, Wagub mengingatkan agar warga GPM untuk mampu melihat dan mencerna serta tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita hoax. Mengingat saat ini, semangat kebangsaan sementara diuji. Dimana bangsa ini sedang melewati sebuah ujian sejarah yang serius.

Upaya-upaya menggantikan ideologi berbangsa, pemanfaatan wacana demokrasi untuk membelokan arah berbangsa dan bernegara serta ancaman terbuka terhadap Pancasila dan UUD 1945 merupakan masalah serius yang mesti perhatian seluruh elemen bangsa, termasuk gereja-gereja. Dengan kata lain, gereja-gereja dan agama-agama pada umumnya tidak boleh tinggal diam.

Sementara itu, Pdt. John A. Titaley dalam khobat-nya mengatakan, apalagi Maluku merupakan wilayah kepulauan, yang luas lautnya lebih besar dari daratan. walaupun demikian laut bukan menjadi pemisah, tetapi pemersatu, baik itu di antara pemimpin, para pelayan untuk membangun negeri dan membangun gereja.

"Kita terdiri dari berbagai suku, ras, memungkinan terjadinya perepcehan di dalam Geraja ini, tetapi ternyata di usia 83 tahun, Gereja masih tetap eksis dengan penuh kegembiraan dan sukacita, dan keluar dari tantangan untuk menjadi satu dalam Yesus Kristus," ujarnya.

Dirinya mengajak di usia 83 ini, agar pimpinan gereja bersama umat bisa bergandeng tangan, berjalan bersama dalam menegakan misi Allah. Dalam satu kebersamaan, pesekutuan dalam membangun Maluku untuk kemuliaan Allah di sorga.

"HBD GPM, mari kita tingkatkan hidup orang basudara, saling mencintai, mengasihi satu sama lain, karena GPM merupakan Gereja orang basudara," pintanya.
Reactions: 
Aneka 5657934737767451955

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang